Setujukah kamu kalau bisnis start-up di Indonesia memiliki peran penting untuk membangun Indonesia?

Setiap orang memiliki definisi mereka sendiri yang berbeda-beda ketika membahas apa itu startup. Kebanyakan orang menganggap perusahaan startup sebagai perusahaan kecil yang baru berjalan selama beberapa bulan atau tahun, padahal kenyataannya tidak sesederhana itu.

Menurut Eric Ries (2011) startup adalah sekelompok individu yang membuat dan menjual produk baru atau layanan pada dinamika pasar yang tidak menentu dalam mencari model bisnis yang tepat, sehingga startup menghadapi kondisi pasar yang terus berubah dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi. Hal inilah yang membedakan startup dengan perusahaan.

Kalau menurut kamu, bagaimana Youdics? Yuk berpendapat dan berikan beberapa contoh start-up sukses yang menginspirasi kamu serta apakah menurutmu start-up memiliki peran penting untuk membangun Indonesia? :relaxed:

Menurut saya penting karena startup pasti membutuhkan sdm untuk kinerjanya, nah dng hal tersebut startup sudah membantu negara untuk mengurangi angka pengangguran.

1 Like

saya setuju kalau startup di indonesia memiliki peran penting dalam pembangunan indonesia karena startup sendiri dapan melahirkan lapangan pekerjaan baru. dari sini kita dapat melihat bahwa dengan adanya pekerjaan baru maka mengurangi angka pengangguran di indonesia

1 Like

Menurutku sih iya, apapun yang baik akan membangun Indonesia menjadi lebih baik. Contohnya gojek, tokopedia, dll. mereka menguasai pasar dalam bidangnya sehingga permintaan pun banyak dan tidak hanya dari dalam negeri tetapi dari luar negeri juga.

1 Like

Saya sangat setuju karena Start-Up sendiri cenderung memiliki ide yang Out of The Box dan terkesan solutif sehingga saya rasa adanya start up sangat membantu pembangungan perekonomian bangsa. Sebut saja Tokopedia yang membantu UMKM serta usaha rumah tangga dalam memasarkan produknya, kemudian ada gojek, start up dengan valuasi terbesar di Indonesia yang membantu tukang ojek serta orang-orang yang sebelumnya tidak mempunyai pekerjaan menjadi bergantung padanya. Ada pula contoh seperti tukangsayur.co yang membantu para petani sayur. Hal ini tidak lepas dari otak kreatif founder masing masing.

Seorang ilmuwan ekonomi sendiri yang bernama Joseph Schumpter mengemukakakn bahwa kreativitas serta inovasilah yang merupakan faktor utama dari pertumbuhan ekonomi. Dengan inovasi akan tercipta yang namanya teknologi baru yang kemudian menyebabkan beberapa pihak lain pun akan melakukan imitasi atau bahkan inovasi baru lagi dari teknologi baru tersebut. Sebut saja dari adanya Gojek kemudian mendatangkan persaingan dari Grab, tak lama Uber datang dan sekarang adalagi yang namanya Maxim. Para pekerja tentunya semakin memiliki pilihan dengan adanya perusahaan yang semakin banyak menjamur di Industri. Maka dari itu, adanya start up memiliki peran penting dalam membangun Indonesia.

Referensi:

  1. Sejarah Transportasi Online di Indonesia | KASKUS
  2. JACKO RYAN
1 Like

Wah terimakasih atas pendapatnya @Yusuf_Habib_Alfatha dan @KangJet . Iya benar sekali, semakin banyak start-up muncul akan semakin berkurang juga angka pengangguran di Indonesia dan itu akan menjadi nilai tambah untuk Indonesia kembali membangun perekonomiannya dengan baik secara global.

Benar sekali nih pendapat dari @cakwewe dan @juannikatriko . Kalau dilihat-lihat saat ini banyak sekali ya start-up yang bermunculan terlebih karena kita sedang berhadapan langsung dengan adanya pandemic dan PPKM Darurat ini. Pasti akan lebih banyak lagi start-up yang muncul mulai dari kalangan generasi muda, dari bidang teknologi, jasa, makanan, dan lain sebagainya. Meski sudah banyak start-up yang bermunculan di Indonesia, hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan terjadinya kegagalan ya pastinya. Namun untuk menghindari hal tersebut diperlukan ide yang brilian dan mampu bersaing dan juga teamwork yang produktif. Terimakasih untuk pendapatnya! :relaxed:

Menurut aku peran bisnis start up di Indonesia sangat penting dalam pembangunan negara. Dengan ada banyaknya start up, membuat jumlah lapangan pekerjaan semakin besar. Setuju dengan pendapat teman-teman di atas, kalau hal itu dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia

1 Like