Setujukah anda berinteraksi melalui sosial media memberikan dampak baik?

Perkembangan teknologi informasi sekarang ini membawa sebuah perubahan didalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan segala hal lebih mudah, baik mencari informasi, berhubungan dengan sanak saudara yang jauh, bahkan dapat berkomunikasi dengan orang baru diberbagai penjuru negeri. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengenal berbagai informasi baik lokal maupun mancanegara.
Tidak jarang juga, banyak sekarang orang yang sangat nyaman ketika harus dihadapkan dengan interaksi disoaial media (dunia Maya). Alasannya, ada yang canggung ketika harus berkenalan dengan orang baru secara langsung. Sosial media juga menjadi tempat untuk kalangan muda-mudi menuangkan ide maupun bakatnya sendiri, cukup dengan mengekspos dengan beberapa detik maka apa yang kita tulis akan muncul dan orang-orang dibelahan dunia dapat melihat apa yang sedang kita lakukan.

Dalam hal tersebut memanglah benar merupakan hal positif dari sosial media. Media sosial atau medsos mempermudah banyak kehidupan manusia. Mulai dari komunikasi dengan keluarga atau teman di berbagai belahan dunia, bahkan hingga mempermudah menjalankan bisnis.

Akan tetapi bila pertanyaanya berinterasi di media sosial memberikan dampak baik tentu tidak setuju. Karena media sosial sendiri memberikan kecenderungan kecanduan media sosial. Adalah fenomena yang sering terjadi pada saat ini seiring dengan meningkatnya penggunaan internet serta canggihnya kemajuan teknologi, yang dibuat terlalu nyaman sehingga enggan untuk berinteraksi secara langsung. Yang tentunya tidak baik bagi kesehatan kita.

Selain itu dampak penyebaran privasi dan ke ambiguan dalam berkomunikasi sering menjadi salah paham di masyarakat. Khususnya saya sendiri sering mengalami hal tersebut, dimana suatu kalimat dianggap tidak sopan atau agresif oleh orang lain, padahal jika diucapkan secara langsung merupakan kalimat biasa-biasa saja.

Misalnya saya berbicara terbiasa berbicara casual tapi sopan dibarengi dengan sedikit guyonan bersama seseorang, beliau pun terlihat senang berbincang dengan saya seperti itu. Tapi bila dalam bentuk tulisan, beliau tersebut beranggapan itu tidak sopan, yang menjadi permasalahan.

Di zaman yang serba teknologi ini, perkembangan media sosial membawa perubahan di dalam masyarakat. Media sosial terus bermunculan dan hampir bervariasi setiap harinya. Tentunya, penggunaan media sosial sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dan kalangan orang tua dan masyarakat sulit sekali untuk terlepas dari penggunaan media sosial. Hal ini dikarenakan mudahnya mendapatkan dan mengakses informasi yang ada di media sosial.

Media sosial membawa dampak positif atau baik namun juga memiliki dampak buruk tergantung dari bagaimana penggunaan media sosial itu sendiri. Dengan menyikapi media sosial sesuai dengan kebutuhan tiap individu akan memberikan manfaat yang baik dari penggunaan media sosial.

Jika ditanya, setujukah berinteraksi melalui media sosial memberikan dampak baik? Jawabannya setuju karena seseorang bisa melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Penyampaian informasi dari perbedaan wilayah yang jauh pun dapat disampaikan dengan cepat dan secara langsung.

Semua sistem, apalagi yang berhubungan dengan teknologi, pasti memiliki sisi negatif dan positifnya. Menurut saya, ketika kita memutuskan untuk bermedia sosial, secara tidak langsung kita juga menyetujui akan segala konsekuensi dan risikonya. Saat kita mendaftar suatu akun, jelas-jelas ada privacy policy yang sudah ditetapkan. Walaupun tidak semua kebijakan privasi itu bisa benar-benar kita rasakan.

Kalau saya sendiri, lebih banyak menerima dampak baik dari media sosial, walaupun pernah beberapa kali mendapatkan hal yang kurang mengenakan hati. Namun, dari hal tersebut, ada satu hal yang selalu saya pegang, yaitu orang lain tidak perlu mengetahui lebih detail tentang diri saya. Dengan demikian, saya selalu mencoba membagikan hal yang wajar yang memang bisa untuk dipertontonkan ke khalayak umum.

Sangat setuju, dengan berinteraksi secara online maupun offline dengan orang lain akan memberikan dampak yang sangat baik. Menurut saya, berkomunikasi melalui sosial media sangatlah mudah karena pada saat ini banyak dilingkungan sekitar orang lain mudah untuk mengakses sosial media dengan tujuan tertentu seperti membuka olshop, mengunggah infomasi pekerjaan, mengunggah kegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya. Berkomunikasi dengan orang lain untuk membeli suatu barang pada sosial media ini menjadi hal yang umum karena sosial media dapat digunakan sebagai tempat berjualan. Sehingga, hal ini dapat memberikan dampak baik untuk pengguna sosial media ketika berinteraksi.