Bagaimana cara menemukan inspirasi?

inspiration
Inspirasi memang bisa datang dari mana saja termasuk dari hal-hal di sekeliling kita yang sanggat sederhana. Untuk mendapatkan inspirasi dari sekeling kita dapat dilakukan dengan merenungkan atau memikirkan solusi yang akan kita berikan terhadap permasalahan yang ada.
Untuk mendapatkan inspirasi lakukan beberapa hal berikut :

  1. Cari tempat yang nyaman
  2. Cari tempat yang tepat
  3. Banyak Belajar
  4. Berimajinasi
  5. Berbicara dengan diri sendiri
  6. Improvisasi

Tanpa kita sadari, disekitar kita banyak benda atau hal yang sebenarnya dapat menjadi inspirasi kita menjadi lebih baik. Apakah anda memiliki pengalaman seperti itu? jika ada mari berbagi kisah di sini!!

Menemukan inspirasi memang tidak mudah. Inspirasi bisa ditemukan dimanapun kita berada, misalnya ketika kita menulis tugas di bangku SMA, kita mendapatkan inspirasi untuk membuat cerita novel tentang SMA, dan akan berisi cerita yang anda buat semenarik mungkin sehingga para pembaca juga sama terinspirasinya dengan anda.

Karena inspirasi datang secara tiba-tiba yang tidak dengan mudah kita ketahui. Untuk mendapatkan inspiasi di sekeliling kita hal yang perlu kita lakukan adalah mengamati dan memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar kita.

Beberapa orang kadang merasa suntuk karena tidak segera mendapatkan inspirasi. Padahal inspirasi bisa datang dari hal-hal terdekat kita. Berikut langkah-langkah mendapatkan inspirasi dengan cara yang lebih mudah :

Ngobrol dengan orang lain

Ngobrol dengan orang lain dapat membuat pikiran kita lebih terbuka. Sesuatu yang kadang tidak kita ketahui, tiba-tiba bisa kita temukan dari obrolan dengan sahabat, keluarga, bahkan orang yang baru dikenal.

Jalan-jalan

Mencari inspirasi menjadi sesuatu yang sulit bagi sebagian orang apabila hanya duduk di depan laptop, kehidupan yang itu-itu saja. Terkadang kita juga perlu untuk melihat dunia luar dan mengamati fenomena-fenomena yang hanya kita bayangkan dalam pikiran.

Membaca

Benar pepatah mengatakan, “buku adalah jendela dunia”. Karena dengan membaca kita akan mendapatkan banyak pengetahuan baru hanya dengan duduk di rumah dan memegang buku. Fakta-fakta yang baru dapat membuka pikiran kita untuk mendapatkan inspirasi.

Lebih peka dengan sekitar

Inspirasi memang datang dari mana saja, saat kita membeli makan di warteg, saat kita lewat di gang perkampungan. Namun semua itu akan sia-sia jika kita tidak menanamkan kepekaan di dalam diri.

Memanfaatkan media sosial

Media sosial adalah salah satu hal yang sangat dekat dengan kita. Berbagai informasi, kejadian bahkan hoaks mudah sekali kita dapatkan. Sebagai pengguna sosial yang bijak, kita harus memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendapatkan inspirasi.

Mendengarkan podcast yang menginspirasi

Banyak sekali podcast yang dapat menginspirasi kita, mulai dari tentang self development, personal healing, atau candaan yang menyenangkan. Topik-topik seperti ini dapat memberikan inspirasi kepada kita.