Sepertinya Ada Kesalahan di warungternak.com, Apakah itu?

warungternak.com sendiri merupakan solusi bisnis yang menawarkan penyediaan hewan dan pakan ternak untuk domba, kambing, sapi, dengan standar perawatan dan pengelolaan yang disyaratkan baik dari sisi ternaknya, pakannya, kandangnya hingga metode pengelolaannya. warungternak.com

“Janganlah sekali-sekali memakai kacamata kuda, dan terus bergerak maju tanpa melihat ke kiri dan kanan.”

Menurut saya, kalimat diatas cocok dengan keadaan yang tampak dalam perkembangan bisnis warungternak.com yang hanya fokus dengan apa yang selalu meraka kerjakan tanpa melihat persaingan dan perkembangan ranah bisnis yang serupa. Hal ini bisa merupakan kesalahan dan salah satu alasan yang akan membuat bisnis tidak akan berkembang.

Akankah hal tersebut terus dilakukan warungternak.com masihlah menjadi sebuah pertanyaan.

1 Like

Menurut saya website warungternak.com terlalu sederhana. Bisa dilihat tampilan awalnya yang hanya menampilkan sedikit informasi secara menyeluruh.


Jika melihat Daftar Panti Asuhan pun juga kurangnya informasi tentang panti asuhan seperti jumlah anak yatim piatu yang ditampung, foto anak-anak yatim piatu, keadan di dalamnya. jumlah pengasuhnya, bagaimana pendanaan sehari-hari, dan siapa saja yang bertanggung jawab atas panti asuhan tersebut.

Di warungternak.com tidak adanya transaksi online. Padahal menurut saya transaksi online sudah menjadi keharusan karena kemudahaan dan keefisienannya. Menurut survey, 52,49% dari 1028 penduduk Indonesia sudah siap menggunakan pembayaran digital. Jika dilihat pada era modern saat ini pembayaran melalui cash sudah jarang dilakukan apalagi yang berbasis website. Pembayaran modern saat ini sudah dilakukan melalui kartu kredit, internet banking, atau pun mobile bankin yang dapat memudahkan penggunanya dalam membayar tanpa perlu datang ke tempatnya langsung atau melalui ATM terdekat.

WarungTernak telah menawarkan solusi bisnis yang bagus yaitu sebagai penyediaan hewan dan pakan ternak untuk domba, kambing, sapi yang sudah terstandarisasi, namun sangat disayangkan untuk saat ini daerah yang bisa dilayani oleh WarungTernak hanya sekitar Jabodetabek. Padahal daerah persebaran peternakan di Indonesia khususnya untuk hewan sapi, kambing, dan domba yang paling banyak ialah di pulau Jawa. Alangkah baiknya jika kedepannya nanti WarungTernak mau memperluas jangkauan bisnisnya untuk menambah jumlah konsumennya lebih banyak lagi.

Menurut saya dari website warungternak.com masih kurang bagus sehingga kurang bisa menangkap informasi yang diberikan. seperti pada halaman produk untuk hewan yang akan diinvestasikan hanya menampilkan foto dari hewan tersebut tanpa menampilkan bagaimana kualitas dari hewan tersebut.

saya coba menaggapi terkait website warungternak.com apakah informatif atau tidak,
jika dilihat dari segi “ditujukan untuk beramal” yang disampaikan saudara Budi, menurut saya benar cukup informatif karena dengan melihat tampilan awal web terlihat ada menu daftar panti asuhan dan aqiqah & tasyakuran serta poin 7 pada slogan warungternak.com.



Hal tersebut yang memberikan kesan dan informasi langsung bahwa pelanggan/pembeli yang melakukan transaksi dengan warungternak.com bisa melakukan pembelian hewan ternak (kebutuhan aqiqah dll) sekaligus media amal.

namun jika dilihat dari segi “produk dan prosedur” sesuai pendapat saudara Hanif, menurut saya benar kurang informatif dikarenakan prosedur yang tidak mencantumkan poin-poin secara menyeluruh (info kontak/pembayaran) dan produk yang ditawarkan juga tidak semua mendukung prosedur yang ada sesuai tanggapan saudara Hanif.

Menurut saya juga, seakan-akan cara marketing yang mereka gunakan ialah memaksa pembeli yang tertarik harus menghubungi kontak yang mereka sediakan jika ingin info maupun transaksi lebih lanjut.
Apakah metode marketing itu benar adanya dan bisa membantu suksesnya warungternak.com?

source: warungternak.com

Bagaimana cara memaparkan informasi yang baik bagi pengunjung atau pembeli? Bagaimana caranya tahu kualitas hewan ternak tersebut? Menurut saya tampilannya memiliki informasi meskipun kurang memberikan informasi lebih dalam dan tampilan foto untuk produk memang kurang dikarenakan ukuran setiap foto berbeda-beda (ada yang kecil, besar, portrait, landscape). Sebaiknya memang ditentukan ukuran foto tersebut bagaimana, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman ketika mengunjungi website tersebut.