Seperti apakah karakter Doraemon (ドラえもん) dalam film kartun Doraemon?

Doraemon, salah satu manga dan anime yang sukses di dunia, dikarang oleh Fujiko F. Fujio yang menceritakan robot kucing bernama Doraemon yang berasal dari abad ke-22, yang kembali ke masa lalu di abad ke-20 dengan menggunakan mesin waktu untuk menolong Nobita. Versi manga-nya pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 1969, sementara versi anime-nya pertama kali disiarkan pada April 1973.

Doraemon adalah robot kucing dari abad ke-22 milik Sewashi (Cucu Nobita) yang dikirim ke abad 20 untuk menolong Nobita. Robot ini lahir pada tanggal 3 September 2112. Semula warna Doraemon adalah kuning, namun kemudian berubah menjadi warna biru.

Perubahan warna dimulai ketika Sewashi melepaskan robot tikus yang diperintahkan untuk membantunya membuat patung Doraemon. Bukannya membantu, robot tikus ini malah menggigit telinga Doraemon hingga ia dilarikan ke rumah sakit. Namun karena kesalahan teknis, telinga Doraemon malah dicukur habis sehingga ia tidak memiliki telinga.

Dalam keadaan begini, Doraemon menjadi putus asa dan menyendiri di suatu tempat. Kemudian ia mengambil “cairan penyemangat” dari kantongnya, namun karena kecerobohannya ia malah mengambil “cairan kesedihan” lalu meminumnya sampai habis. Karena efek dari cairan tersebut, Doraemon menjadi sedih dan menangis tersedu-sedu dalam waktu yang cukup lama yang membuat warna kuningnya luntur sehingga terlihat warna dasar yang berwarna biru. Selain itu, suara Doraemon juga menjadi serak setelah kejadian tersebut.

Semenjak itulah Doraemon menjadi takut sama tikus. Pada masa-masa bersama Nobita, ia selalu diminta mengeluarkan alat-alat ajaibnya untuk memenuhi keinginan Nobita.