Seperti Apa Proses Hacking?

Proses Hacking

Hacking merupakan salah satu kegiatan yang bersifat negatif, meskipun awalnya Hacking memiliki tujuan mulia yaitu untuk memperbaiki sistem keamanan yang telah dibangun dan memperkuatnya.

Seperti Apa Proses Hacking?

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah hampir semua sisi kehidupan. Pada satu sisi teknologi komputer memberikan keuntungan berupa kesempatan untuk mendapatkan informasi, pekerjaan, berpartisipasi dalam poliik dan kehidupan berdemokrasi serta keuntungan lain. Akan tetapi pada sisi lain ia akan semakin menggrogoti kehidupan nyata yang telah lama kita geluti dengan segala peninggalan yang harus dipecahkan sebelum ia bergerak lebih jauh menyusuri janlan dan lorong – lorong Cyberspace .

Bagi mereka yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk kegiatan bisnis, pelayanan publik dan media hiburan dengan membangun situs – situs yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Tetapi harus berhati – hati karena tidak semua masyrakat yang berkunjung ke dunia maya menikmati realitas virtual yang ditawarkan pada situs itu. Seperti halnya dalam kehidupan nyata disana juga ada kejahatan yang dampaknya akan dirasakan dalam kehidupan nyata.

Hacking merupakan salah satu kegiatan yang bersifat negatif, meskipun awalnya Hacking memiliki tujuan mulia yaitu untuk memperbaiki sistem keamanan yang telah dibangun dan memperkuatnya. Tetapi dalam perkembangannya Hacking digunakan untuk keperluan – keperluan lain yang bersifat merugikan. Hal ini tidak lepas dari pengguna internet yang semakin meluas sehingga penyalahgunaan kemampuan Hacking juga mengikuti luasnya pemanfaatan internet.

Beberapa tahap Hacking yang selanjutnya akan digunakan sebagai langkah untuk menentukan tahap – tahap Hacking yang dapat dikategorikan sebagai kejahatan. Tahap – tahap Hacking seperti yang dimaksud adalah :

  • Mengumpulkan dan mempelajari informasi yang ada mengenai sistem operasi komputer atau jaringan kompuetr yang dipakai pada target sasaran.
  • Menyusup atau mengakses jaringan komputer target sasaran.
  • Menjelajahi sistem komputer dan mencari akses yang lebih tinggi.
  • Membuat backdoor dan menghilangkan jejak.

Hacker harus memiliki pengetahuan dan kemampuan menguasai serta mengaplikasikan bahasa pemrograman. Pengaetahuan dan kemapuan itu dapat diperoleh dengan berbagai cara diantaranya dengan belajar pada ahlinya atau belajar sendiri secara otodidak. Bahasa pemrograman merupakan bahasa teknis, sehingga orang yang benar – benar tidak mempunyai kemapuan teknis akan kesulitan untuk memahami bahasa teknis ini.

Setiap sistem operasi mempunyai kelemahan. Kelemahan itu lambat laun akan diketahui oleh para Hacker melalui berbagai cara, diantaranya adalah mempelajari sistem operasi tersebut, diskusi dengan sesama Hacker melalui mailing list, newsgroup maupun mengambil informasi dari sebuah situs di internet yang menyajikan informasi mengenai kelemahan – kelemahan sistem operasi komputer. Kemudahan memperoleh informasi mempermudah Hacker dapat mengetahui kelemahan sistem operasi tersebut.

Berusaha untuk mengetahui sesuatu bukanlan kejahatan, mencari dan mengumpulkan informasi mengenai suatu sistem operasi yang digunakan pada sebuah perusahaan atau instansi pemerintah juga bukan merupakan kejahatan karena keingintahuan merupakan sifat yang manusiawi. Informasi adalah bebas, ia bergerak ke mana saja dan hak untuk mendapatkan informasi merupakan hak asasi yang dijamin dengan undang – undang. Pembatas atau larangan terhadap kebebasan mendapatkan informasi merupakan halangan untuk menumbuhkan daya kreatifitas dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebebasan informasi yang dipegang teguh oleh seorang Hacker .

Langkah Hacker setelah mengetahui sistem operasi apa yang dipakai pada target sasaran adalah menyusup atau mengakses jaringan komputer taget sasaran itu. Menyusup atau mengakses jaringan komputer taget sasaran ini dilakukan dengan mengeksploitasi kelemahan yang ada pada sistem operasi tersebut. Dengan kata lain Hacker memasuki situs orang lain tanpa izin. Hacker dengan kemampuannya dapat masuk dan berjalan – jalan dalam situs orang lain meskipun situs itu telah dilengkapi dengan sistem keamanan.

Tantangan bagi para Hacker adalah membongkar sistem yang digunakan oleh pemilik situs tersebut. langkah ini dapat dilakukan maka merupakan kebanggan tersendiri bagi Hacker , setidak – tidaknya merupakan modal untuk mendapatkan pengakuan mengenai status dirinya dari sesama Hacker . Hacker yang sudah bisa memasuki situs orang lain merupakan kejahatan Cyber crime karena situs merupakan ruang privat orang yang membuat situs tersebut. Dengan mengacak – acak tampilan yang jauh dari aslinya dan menghapus file – file yang ada di situs tersebut sudah bukan rasa keingintahuan biasa yang dimiliki orang hal ini sudah termasuk dalam kejahatan.

Skema Proses Hacking jadi Kejahatan ( Cyber crime )