Seperti apa pink beach di Taman Nasional Komodo?

image

Pink Beach. Itulah nama yang diberikan untuk pantai indah ini. Ditemukan di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pink Beach atau Pantai Merah Muda ini adalah salah satu dari 7 pantai berpasir warna merah muda yang ada di dunia selain Elafonisi Beach, Crete di Yunani; Spiaggia Rosa of Budelli, Sardinia di Italia; Horseshoe Bay Beach di Bermuda; Pink Beach of Great Santa Cruz Island di Filipina; Pink Beach of Harbor Island di Bahamas; dan Bonaire, Dutch Caribbean Island.

Bukan hanya kondisi pantai yang cantik dipandang, tetapi kehidupan bawah laut tersebut juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik pastinya untuk diselami. Pantai ini menyimpan beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang dan berbagai jenis biota laut yang lain. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk snorkeling atau diving saat berlibur ke sini.

Mengapa sampai pasir di beberapa tempat tersebut berwarna merah muda?
Karena memang warna merah muda tersebut adalah hasil dari organisme merah kecil yang tumbuh di terumbu karang mati dan potongan kerang yang jatuh ke dasar laut dan terbawa saat air sampai ke tepi pantai.

Terlebih lagi memang warna ini terbuat dari formulasi alami kalsium karbonat dari invertebrata laut yang sangat kecil, yang dicampur ke karang dan kerang. Selain itu juga dari binatang laut lainnya seperti Foraminifera, amuba mirkosopis yang memiliki cangkang merah muda yang cerah, yang menyebabkan pasir ini berwarna merah muda.

Sumber:
https://www.goldenrama.com/goldenstories/detail/pantai-dengan-pasir-berwarna-merah-muda