Seperti Apa Kisah Sejarah Kerajaan Majapahit?

maja

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia yang bercorak Hindu dan terletak di Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun tahun 1293 Masehi. Selain itu kerajaan ini disebut-sebut sebagai kerajaan yang memiliki wilayah kekuasaan terbesar di Indonesia.

Lantas seperti apa kisah sejarahnya?

maja2

Sebenarnya kerajaan ini berdiri karena adanya serangan dari Jayaketwang (Adipati Kediri) yang mana ia berhasil membunuh penguasa Kerajaan Singasari yang terakhir yaitu Kertanegara karena menolak pembayaran upeti. Kemudian Raden Wijaya (menantu Kertanegara) berhasil melarikan diri ke Madura untuk meminta perlindungan kepada Aryawiraraja. Kemudian Raden Wijaya diberi hutan tarik oleh Aryawiraraja untuk digunakan sebagai wilayah kekuasaan dan akhirnya dijadikan sebuah desa baru bernama Majapahit.

Majapahit berasal dari kata ” buah maja” dan “rasa pahit”. Tak lama kemudian pasukan Mongolia yang dipimpin oleh Shis-Pi, Ike-Mise dan Kau Hsing datang ke Tanah Jawa. Yang tak lain tujuan mereka datang adalah untuk menghukum Kertanegara akibat menolak pembayaran upeti kepada pasukan Mongolia.

maja3

Dalam situasi ini Raden Wijaya memanfaatkan kerja sama dengan pasukan Mongolia untuk menyerang pasukan Jayakatwang. Dan akhirnya pasukan Mongolia dengan bantuan Raden Wijaya pun menang dengan terbunuhnya Jayakatwang. Tak berselang lama kemudian Raden Wijaya mengusir pasukan Mongolia dari tanah Jawa.

Pengusiran tersebut terjadi saat para pasukan Mongolia sedang berpesta merayakan kemenangannya atas pasukan Jayaketwang. Disituasi yang lengah tersebut dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk melakukan penyerangan terhadap Pasukan Mongolia. Akhirnya Raden Wijaya berhasil mengusir pasukan Mongolia dari tanah Jawa dan kemudian ia naik tahta serta bergelar Sri Kertajasa Jayawardhana pada tahun 1293.

Menurut para ahli, tanggal berdirinya Kerajaan Majapahit adalah saat Raden Wijaya dinobatkan sebagai raja Majapahit pada tanggal 15 bulan Kartika 1215 atau lebih tepatnya pada tanggal 10 November 1293. Sebagai mana disinggung diatas Kerajaan Majapahit terletak di Propinsi Jawa Timur yang mana ibu kotanya di sebuah desa yang sekarang bernama Triwulan di Mojokerto. Yang mana kerajaan ini berdiri dari tahun 1293 hingga 1500 M.