Seperti apa keunikan dari kota Jodhpur, India?

Di negara India, terdapat kota yang seluruh rumahnya di cat berwarna biru. Kota tersebut bernama Jodhpur, yang menjadi salah satu kota terbesar kedua di negara bagian Rajasthan, India. Kota ini terletak pada 335 kilometer (208 mil) barat dari ibukota negara bagian, Jaipur.

Tempat ini sudah menjadi cukup populer dikalangan traveler yang ingin berwisata ke tempat-tempat unik. Selain dari keunikan warna biru yang menyelimuti seluruh permukiman ini, Jodhpur juga memiliki situs berupa istana dan kuil-kuil. Kota ini juga dikelilingi oleh tembok batu tebal.

Jika Anda berkeinginan untuk mengunjungi tempat ini, tidak perlu harus tergantung dengan musim, karena cuacanya selalu cerah sepanjang tahun. Maka dari itu, Jodhpur dikenal juga sebagai “Sun City”, tetapi tetap kota ini lebih terkenal dengan julukannya “Kota Biru”.

Yang menariknya dari kota ini adalah, alasan penduduk mengecat rumah mereka menjadi biru masih menjadi suatu misteri. Bisa jadi, bila kita bertanya mengapa mereka mengecat rumahnya dengan warna biru, mereka menjawab karena warna biru akan membuat rumah mereka menjadi dingin dan bebas dari nyamuk.

Namun demikian, ada beberapa sumber menyebut alasan-alassan seperti berikut ini:

  1. Warna biru dipilih alasannya yaitu untuk mengikuti orang-orang berkasta Brahmana yang selalu mengecat rumah mereka menjadi warna biru dan juga dewa-dewa biasanya selalu berwarna biru (seperti contoh yang ada pada film soal Dewa Krishna kecil).

  2. Warna biru mempunyai fungsi untuk mengusir nyamuk.

  3. Dan yang terakhir, menurut pendapat penduduk Jodhpur, warna biru bisa membuat suasana rumah mereka menjadi lebih dingin.

Sumber:
https://www.goldenrama.com/goldenstories/detail/sejauh-mata-memandang-biru-menghampar