Seperti apa keindahan Menara Flamenco di Tiongkok?

Sebagai salah satu negara yang terletak di Asia Timur, Tiongkok sepertinya nggak berhenti berinovasi baik dalam bidang perdagangan, ilmu pengetahuan, hingga teknologi. Kalau selama ini kita mengenal Tiongkok dengan bangunan-bangunan istananya yang khas, baru-baru ini justru tersiar kabar kalau ada menara tertinggi yang sengaja dibuat dari es di sana. Seperti apa?

Dibangun dengan material berupa es, menara ini diberi nama Flamenco Ice Tower. Dinamakan demikian, sebab bangunan ini memiliki ukiran di dindingnya yang mirip dengan pakaian khas penari Flamenco.

Struktur menara Flamenco dibangun dengan menggunakan serat es yang kokoh sehingga menjadi tiga kali lipat lebih kuat jika dibandingkan dengan penggunaan es biasa. Hal ini memungkinkan untuk menciptakan desain dinding menara serupa cangkang tipis. Selain itu, serat es bisa mempercepat proses penerapan setiap lapisan struktur menara.

Jika dilihat dari luar, dinding luar menara ini memang terlihat seperti pakaian penari Flamenco. Bagian menakjubkan justru baru bisa dilihat saat kita masuk dan melihat desain interior di dalam menara Flamenco ini yang mengadaptasi bangunan katedral klasik di Roma. Di siang hari, keindahan menara ini terpancar ketika cahaya matahari masuk menerobos jendela kecil di kubahnya. Sebaliknya, saat malam menara ini dipasang lampu-lampu keunguan yang indah!

Sumber: