Seperti apa karakteristik kayu Acacia spp.?

Tumbuhan Acacia spp. merupakan jenis pohon yang umum digunakan untuk pembuatan bahan konstruksi ringan sampai berat, perabot rumah tangga, lantai, papan dinding, papan partikel, papan serat, batang korek api, pulp dan kertas, kayu bakar dan arang. Kayu dari jenis Akasia umumya memiliki serat lurus, kadang-kadang berpadu, tingkat kekerasan yang sedang sampai keras dengan tesktur yang halus sampai agak kasar dan merata, berwarna coklat dan memiliki batas yang jelas antara kayu gubal dengan kayu terasnya (Prosea 2008). Beberapa jenis Akasia yang dapat dijadikan bahan baku pulp dan kertas ialah Acacia mangium, Acacia auriculiformis, dan Acacia sp. (hybrid).

Acacia mangium adalah tumbuhan asli yang banyak tumbuh di wilayah Papua Nugini, Papua Barat dan Maluku. Tumbuhan ini dipilih sebagai salah satu jenis favorit untuk ditanam di areal HTI. Pada mulanya jenis ini dikelompokkan ke dalam jenis-jenis kayu HTI untuk memenuhi kebutuhan kayu serat terutama untuk bahan baku industri pulp dan kertas. Akan tetapi pemanfaatan kayu mangium hingga saat ini telah mengalami spektrum yang lebih luas, baik untuk kayu serat, kayu pertukangan maupun kayu energi (bahan bakar & arang). Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menunjang perluasan pemanfaatan kayu mangium dalam bentuk kayu utuh, partikel, serat ataupun turunan kayu (Malik et al. 2007)

Acacia auriculiformis A.Cunn ex Benth merupakan jenis pohon cepat tumbuh yang berasal dari famili Fabaceae. Tumbuhan ini asli berasal dari Austria-Australia tetapi dapat juga ditemukan di Indonesia dan Papua Nugini dan mampu tumbuh hingga ketinggian 30 m. Kayu dari jenis tumbuhan ini umumnya cocok digunakan untuk pembuatan kertas dan mebel. Di India, kayu ini biasa dijadikan arang untuk penggunaan bahan bakar. Selain kayu, getah dari jenis tumbuhan ini juga memiliki nilai komersil (Wikipedia 2008).

Acacia sp. (hybrid) merupakan jenis cangkokan alami dari hasil persilangan antara Acacia mangium dengan Acacia auriculiformis. Pohon ini merupakan jenis pohon cepat tumbuh yang volumenya bisa mencapai 2-3 kali lebih besar dari A. mangium bahkan 3-4 kali lebih besar dari A. auriculiformis pada usia yang sama. Jenis ini memiliki keistimewaan dalam hal efisiensi pembuatan pulp. Jika ditujukan untuk pembuatan kertas, jenis ini mampu menghasilkan rendemen lebih banyak dengan kekuatan mekanis kertas seperti kekuatan tarik dan lipat kertas yang lebih baik dibandingkan jenis A. mangium dan A. auriculiformis (Kha 2008).