Seperti Apa Fosil Dinosaurus Pertama Kali Ditemukan pada 1677?

image

Peneliti mempelajari fosil dinosaurus untuk mendapatkan informasi terkait makhluk purba yang pernah tinggal di Bumi. Tahukah Anda fosil dinosaurus pertama kali ditemukan pada 1677. Bagaimana kisah hal tersebut?

Peneliti mempelajari fosil dinosaurus untuk mendapatkan informasi terkait makhluk purba yang pernah tinggal di Bumi. Tahukah Anda fosil dinosaurus pertama kali ditemukan pada 1677. Dilansir Curiosity, Kamis (25/1/2018), pada 1677, Robert Plot diungkap sebagai penemu tulang dinosaurus pertama. Robert awalnya menduga bahwa ia telah menemukan tulang milik manusia raksasa.

Hingga akhirnya William Buckland, profesor geologi pertama di Oxford University yang mengidentifikasi bahwa temuan fosil itu ialah milik dinosaurus. Buckland bertindak sebagai kurator tidak resmi museum di kampus dan menjelajahi dunia untuk menemukan spesimen untuk koleksi-koleksinya. Dengan melihat tulang-tulang gigi, rahang, dan tungkainya, Buckland menyimpulkan pada 1824 bahwa temuan itu diyakini sebagai kadal kadal karnivora. Ia menamakan kadal kuno itu dengan sebutan Megalosaurus.

Sebuah gambar seni modern memperlihatkan wujud Megalosaurus. Tampak makhluk yang berdiri dengan dua kaki, ekor panjang, gigi tajam dan leher yang tebal. Fosil merupakan sisa-sisa hewan atau tanaman yang tertutup sedimen. Fosil yang paling umum adalah kerangka yang tersisa seperti cangkang, gigi dan tulang. Dalam perjalanannya, ia menemukan tulang-tulang binatang pada 1815 di Inggris yang merupakan spesies yang sama seperti yang ditemukan oleh Robert Plot lebih dari seratus tahun sebelumnya.

sumber