Seperti apa dan bagaimana ciri - ciri Ikan hiasair tawar botia ?

Seperti apa dan bagaimana ciri - ciri Ikan hiasair tawar botia?

image

Ikan hias botia termasuk yang bukan hanya banyak digemari di Indonesia namun juga banyak di gemari di manca Negara tetangga, Ikan Botia termasik ikan dari family Cobtidae. Dari beberapa ikan botia jenis yang banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morleti, botia india, dsbg.

Ikan botia yang berasal dari Indonesia adalah ikan botia macan dan ikan botia badut. Namun ikan botia yang banyak dikenal dikalangan pecinta ikan dan banyak di impor ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.

Ikan botia banyak digemari pecinta ikan karena bentuknya yang lucu, agak bulat memanjang dan agak pipih kesamping, tidak bersisik dengan bentuk mulut agak ke bawah (semacam torpedo) dengan empat pasang antena atau sungut diatasnya.

Ikan botia berwarna kuning cerah dengan 3 garis lebar berwarna hitam (Satyani et al., 2007) . Habitat ikan botia di perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya, ikan ini juga merupakan nokturnal yaitu aktif melakukan kegiatan mencari makan di malam hari.

Banyak orang yang memanfaatkan ikan botia selain untuk berbisniss dimanfaatkan juga sebagai ikan hias, karena warna dan keindahannya ikan ini banyak di minati oleh banyak orang khusunya di Indonesia