Sepenting itukah Memiliki Akun LinkedIn?

logo-linkedin

LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan terutama dikalangan para pekerja, para pencari kerja, ataupun para rekruiter kerja. Namun, saat ini LinkedIn di gandrungi oleh para mahasiswa baik itu tingkat akhir maupun tingkat awal dengan alasan agar mudah mencari relasi untuk mendapatkan pekerjaan. mungkin alasan tersebut sesuai untuk mahasiswa tingkat akhir karena mereka akan memasuki dunia kerja diperlukan pengalaman magang ataupun pengalaman lain yang menunjang karir kedepannya. tapi, apa alasan untuk para mahasiswa tingkat awal memiliki akun LinkedIn? Bukankah mereka masih memerlukan hal-hal yang menunjang potensi mereka seperti mengikuti seminar, kelas online, kursus online maupun pembelajaran lainnnya yang bisa didapatkan di platfrom lain.

apakah kalian salah satu pengguna LinkedIn? apa alasan konkret teman-teman menggunakannya?

1 Like

Saat ini, para job seeker sudah jaman mendatangi perusahaan untuk melamar pekerjaan. Berkat kemajuan teknologi, mereka bisa melamar pekerjaan secara online melalui berbagai platform. Salah satu platform yang populer dan sering digunakan oleh para pencari kerja adalah LinkedIn.

LinkedIn sendiri merupakan sosial media untuk komunitas bisnis. Situs ini menjadi tempat bagi para profesional untuk saling terhubung dengan kolega, meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru, dll. Pengguna LinkedIn membuat profil profesional seperti resume yang memungkinkan pengguna lain dapat mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang pendidikan, bidang keahlian, riwayat pekerjaan, dan grup atau organisasi yang pernah atau sedang diikuti.

Jadi, menurutku penting untuk memiliki akun LinkedIn guna memudahkan dalam hal mencari informasi pekerjaan dan segala hal yang berkaitan dengan dunia kerja.

Aku salah satu pengguna Linkedln dan menurutku penting memiliki akun linkedIn.
LinkedIn menyediakan pencari kerja dengan akses ke lebih dari 30 juta perusahaan dan karyawan mereka, semua dari kenyamanan rumah. Meskipun konferensi, acara, dan pertemuan langsung masih merupakan cara terbaik untuk berjejaring, iklim saat ini tidak memungkinkan untuk itu, menjadikan LinkedIn cara yang mudah dan efektif untuk membangun koneksi.

Saat perusahaan memposting posisi secara online, algoritme LinkedIn mencocokkannya dengan kandidat yang sempurna. Algoritme ini mencari berbagai kata kunci (karenanya pentingnya pengoptimalan LinkedIn, seperti yang dinyatakan sebelumnya), serta jumlah koneksi tingkat pertama yang Anda miliki. Jika profil Anda kuat dan koneksi Anda teratur, Anda ditempatkan di bagian atas hasil pencarian untuk perekrut dan manajer perekrutan.

Selain menghasilkan respons positif dari algoritme LinkedIn, sejumlah besar koneksi tingkat pertama juga memberi Anda opsi untuk menghubungi individu (termasuk perekrut dan manajer perekrutan) secara langsung menggunakan fitur pesan. Ini adalah salah satu alasan mengapa LinkedIn populer bagi pemberi kerja, karyawan, dan pencari kerja.

SUMBER : The Importance Of Networking Online β€” Now More Than Ever

Menurut saya penting tidak nya tergantung dari orang itu ingin apa dahulu. LinkedIn merupakan media sosial yang biasanya digunakan orang untuk mencari kerja atau yang ingin mencari tahu informasi seputar pekerjaan. Bagi orang yang sedang mencari kerja atau ingin mulai mebangun relasi dengan orang-orang profesional dalam bidang pekerjaan yang di inginkan itu sangat penting memiliki akun LinkedIn. Karena saat ini tidak sedikit orang menerima pekerjaan melalui LinkedIn. Akan tetapi bagi orang yang tidak tertarik di dunia kerja, menurut saya tidak terllau penting memiliki akun LinkedIn.

Aku salah satu pengguna LinkedIn sejak awal tahun ini. Alasanku memutuskan untuk mendaftar adalah sebagai sarana personal branding. Jadi bagiku LinkedIn ini penting. Aku kurang nyaman jika melakukan personal branding di platform lain, instagram misalnya. Selain itu, LinkedIn sejatinya adalah untuk mencari koneksi atau networks (selini) juga bisa untuk memudahkan mencari pekerjaan. Mungkin akan ada pertanyaan "kenapa ngga jobstreet?" karena algoritma pencariaan search engine (google etc), LinkedIn lebih cepet muncul di halaman 1, bahkan rank 1. Jadi lebih worth it kalo pake LinkedIn.

Tapi tetep ya teman-teman meskipun LinkedIn bisa digunakan untuk sarana mencari pekerjaan, harus tetap hati-hati. Menurutku akan lebih baik jika mencari pekerjaan langsung melalui website perusahaan terkait, LinkedIn hanya untuk personal branding untuk memudahkan HR mengetahui value kita.

Menurut saya, penggunaan aplikasi LinkedIn saat ini cukup penting. Dijaman digital saat ini juga mempengaruhi berbagai sektor salah satunya ialah dalam mencari pekerjaan, LinkedIn biasa disebut dengan CV digital karena beberapa HR mulai merekrut karyawannya dari aplikasi tersebut. LinkedIn juga bisa menjadi tempat untuk membranding diri, menambah relasi, menambah wawasan dan banyak hal lainnya.

Saya merupakan pengguna aktif aplikasi tersebut sejak tahun ini, disaat semester 6 dan saya rasa cukup terlambat untuk memulainya. Sebaiknya kita sudah memulai menggunakan aplikasi tersebut sejak dini atau saat masih awal kuliah karena kita bisa memiliki relasi dan wawasan lebih banyak lagi, dan juga dapat mengisi kegiatan-kegiatan yang kita lakukan saat diperkuliahan, hal tersebut dapat meningkatkan performa profil kita sehingga bisa dilirik oleh para perekrut

Menurutku LinkedIn adalah salah satu media sosial terbaik yang dapat digunakan untuk membangun personal branding karena LinkedIn sendiri mem-branding dirinya sebagai komunitas profesional dan memang rata-rata penggunanya adalah para profesional. LinkedIn sendiri memang didesain sedemikian rupa untuk bermacam-macam aktivitas profesional.

Terkait hal ini, saya rasa setiap mahasiswa memiliki alasannya masing-masing ketika memutuskan untuk bergabung di LinkedIn. Yang jelas, tidak ada salahnya jika mereka ingin membuat akun LinkedIn untuk menunjang potensi mereka. Saya kira, mempunyai koneksi yang luas juga termasuk potensi yang perlu dikembangkan selain yang telah kak @Sherlyeza sebutkan (seminar, kelas online, kursus online). Lagipula, LinkedIn sendiri sudah menyediakan fitur LinkedIn Learning yang bisa digunakan untuk memaksimalkan potensi penggunanya.

Setuju sih sama komentar teman-teman di atas, Linkedin dekat banget kaitannya dengan menjalin networking dan branding, meskipun aku pribadi masih asing sama linkedin dan baru banget join hehe. Tapi banyak banget ternyata keuntungan yang di dapat, di sana kita bisa membuat jejak pencapaian dan kegiatan yang sudah kita capai dan secara tidak langsung data tersebut dapat menarik para pencari kerja. Selain itu di linkedIn kita bisa terhubung dengan para profesional dan para penggunanya dapat mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang, bidang keahlian, grup dan organisasi tempat mereka bergabung.

Alasan saya menggunakan LinkedIn, awalnya untuk mencari magang untuk keperluan kuliah. Juga, menurut orang sekitar saya, LinkedIn bisa menjadi salah satu tempat untuk mencari lowongan magang. Jadi, akhirnya saya memutuskan untuk membuat akun dan menggunakan LinkedIn.
Selain itu dijelaskan lebih alasan penting mengapa mahasiswa harus menggunakan LinkedIn menurut Campus Pedia yaitu sebagai berikut :

  1. Pentingnya Linked In untuk Mahasiswa Kamu Bisa Membangun Profil Profesional

Linked In bisa disebut sebagai CV ataupun portofolio digital. Di dalamnya memuat pengalaman dan keahlian yang dimiliki seseorang. Tak jarang Linked In dijadikan penilaian untuk merekrut orang-orang pilihan.

Pentingnya Linked In untuk mahasiswa kamu bisa mulai membangun profil profesional. Semua data yang berhubungan dengan skill dan pengalaman kamu bisa dicantumkan dalam profil Linked In.

  1. Memperluas Networking atau Jaringan

Siapa yang tidak ingin memiliki koneksi yang banyak? Sebagai mahasiswa kamu pasti membutuhkan koneksi untuk mempermudah urusanmu, baik di masa kini maupun di masa depan. Melalui Linked In kamu bisa menemukan orang-orang dengan minat atau skill yang sama.

Selain itu, Linked In juga akan merekomendasikan profil kamu agar ditemukan oleh rekruiter dalam suatu perusahaan. Asyik banget bukan?

  1. Unjuk Keahlian dan Pengalaman secara Elegan

Siapa yang sering insecure melihat prestasi orang lain melalui akun sosial medianya? Jika kamu salah satunya, ayo manfaatkan Linked In sebagai media untuk unjuk keahlian dan pengalaman secara elegan.

Mulai sekarang bangunlah personal branding dengan skill yang kamu inginkan untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Dengan begitu kamu bisa memiliki akun Linked In yang profesional.

  1. Pentingnya Linked In untuk Mahasiswa, Membuka Peluang Kerja

Nah ini pentingnya Linked In untuk mahasiswa. Kamu berpotensi langsung direkrut oleh perusahaan hanya dengan melihat akun Linked Inmu. Bayangkan jika selama kuliah ada HRD yang mengamati kamu. Lalu setelah kamu lulus, mereka segera menghubungimu untuk menawarkan pekerjaan kepadamu. Siapa yang tidak bahagia bukan?

Nah kamu sudah mengetahui pentingnya Link In untuk mahasiswa bukan? Oleh karenanya bangunlah profil Linked In dengan serius. Tingkatkan terus skill dan pengalaman kamu selama di dunia kampus dan di luar kampus.

Sumber

Pentingnya Linked In untuk Mahasiswa,Sudah Tahu? - Campuspedia News

Menurut saya cukup penting bagi orang-orang ingin mencari kerja. Karena LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia di internet. Kita bisa menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat atau magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang kita butuhkan untuk sukses dalam karir Anda. Sebuah lengkap profil LinkedIn dapat membantu kita terhubung dengan peluang dengan menampilkan cerita profesional Anda yang unik melalui pengalaman, keterampilan, dan pendidikan. Apalagi di masa pandemi ini dimana mencari pekerjaan cukup sulit dan butuhnya platform untuk bisa melakukan personal branding. Maka dari itu, bagi beberapa orang seperti orang yang ingin melamar pekerjaan, orang yang ahli di bidang IT, dan orang-orang yang ingin memperluas koneksi sangatlah penting untuk memiliki LinkedIn.

Saya merupakan pengguna aplikasi Linkedin. Menurut saya, Linkedin memudahkan kita khususnya sebagai mahasiswa yang sedang mencari internship. Di aplikasi tersebut, kita akan dihubungkan dengan orang-orang yang juga memiliki tujuan yang sama sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan tujuan yang kita inginkan atau yang kita cari. Di Linkedin juga kita dapat terhubung dengan orang-orang atau perusahaan yang memiliki lapangan pekerjaan yang kita butuhkan.

Berikut beberapa alasan mengapa Linkedin merupakan aplikasi yang perlu dimiliki:

1. Dapatkan eksposur ke Manajer Perekrutan dan Perekrut

93% perekrut menggunakan LinkedIn untuk meneliti dan merekrut kandidat. LinkedIn memungkinkan Anda untuk memiliki merek pribadi online yang membuat Anda terlihat oleh pengambil keputusan dan perekrut utama.

2. Tunjukkan pengetahuan, kredibilitas, dan keahlian kepemimpinan yang Anda miliki

Memiliki profil LinkedIn membantu membangun kepercayaan dengan pemberi kerja dan perekrut karena mereka dapat melihat rekomendasi dan koneksi Anda serta bukti di mana Anda memiliki nilai tambah.

3. Gunakan LinkedIn sebagai alat penelitian

Memiliki akun LinkedIn juga berarti Anda dapat menggunakan situs ini untuk meneliti perusahaan, pewawancara, perekrut, dan manajer perekrutan. Hal ini berguna sebelum mengirimkan lamaran kerja dan meneliti siapa yang mewawancarai Anda dan melakukan penelitian wawancara.

4. LinkedIn memiliki papan pekerjaan yang bagus

Peluang baru ada di seluruh situs LinkedIn yang mungkin tidak ada di papan pekerjaan biasanya. Anda dapat langsung melamar pekerjaan menggunakan LinkedIn, menyimpan pencarian pekerjaan, serta menandai perekrut bahwa Anda terbuka untuk peluang pekerjaan.

5. Anda bisa mendapatkan bukti sosial untuk keterampilan dan bakat Anda

Biarkan orang lain merekomendasikan dan mendukung Anda untuk keterampilan dan pekerjaan Anda sebelumnya. Ketika orang lain merekomendasikan atau mendukung Anda, siapa pun yang melihat profil Anda dapat melihat ini dan hal itu menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan lain yang mendukung Anda untuk memiliki keterampilan tertentu. Anda dapat membangun kredibilitas Anda di sana.

saya salah satu pengguna linked in. menurut saya, pengguna linked in sangat berguna apalagi untuk fresh graduates yang hanya memiliki pengalaman dari kegiatan dalam kampus.

Linkedin sendiri adalah jejaring sosial yang mempunyai konsep unik, di mana sebagian besar penggunanya adalah profesional yang memiliki latar belakang bisnis. Layaknya sebuah identitas, LinkedIn kerap dijadikan media untuk
memperkenalkan diri atau bisnis ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan yang beragam. dengan menggunakan Linkedin, kita bisa Membuat koneksi, fitur job, membangun profil profesional, menjaga hubungan dengan teman lama, mempermudah untuk melamar pekerjaan, membuka kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan, memperlihatkan keahlian, dan mendapatkan informasi dan inspirasi terbaru tentang pekerjaan.

Sumber

http://staffnew.uny.ac.id/upload/199203122018032001/pendidikan/LinkedIn.pdf

Mencari pekerjaan setelah lulus kuliah tentu sudah menjadi hal yang patut untuk dilakukan. Memang tidak semudah yang dipikirkan, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai karier yang kita impikan, seperti harus membangun relasi, meningkatkan kualitas kerja, hingga bertahan dalam persaingan dengan sesame rekan kerja. Seperti yang sudah dijelaskan oleh teman-teman diatas, LinkedIn merupakan jejaring sosial yang digunakan oleh berbagai kalangan professional dari berbagai latar belakang. Setuju dengan pendapat kak @dinarizki LinkedIn ini dapat dikatakan sebagai media untuk memasarkan diri atau personal branding pada perusahaan atau para professional lain.

Aku salah satu pengguna LinkedIn juga dan salah satu alasanku untuk menggunakan platform ini adalah untuk personal branding karena di LinkedIni ini kita dapat membuat profil professional atau semacam CV digital, semua pengalaman, keahlian, skil, hingga latar belakang pendidikan bisa dicantumkan disini. Selain itu, aku pikir dengan menggunakan LinkedIn ini juga dapat memperluas jaringan atau relasi supaya dapat mempermudah ditemukannya profil kita oleh para HR atau recruiter suatu perusahaan yang akan membuka peluang kita untuk bekerja

Aku termasuk salah satu pengguna LinkedIn. Karena sudah berada di tingkat akhir masa perkuliahan, aku memutuskan untuk mencoba membuat akun LinkedIn. Awalnya tidak ada alasan yang jelas kenapa aku membuat akun tersebut, namun semakin kesini aku semakin sadar bahwa dengan LinkedIn aku bisa memperluas koneksi aku, mendapatkan banyak informasi dan insight yang sangat bermanfaat terutama tentang dunia profesional dan tentunya bisa membangun personal branding yang lebih profesional untuk masuk ke dunia kerja. Semenjak memiliki akun LinkedIn dan masuk kedalam beberapa komunitas di bidang yang aku minati, aku bertemu banyak orang hebat yang sudah memiliki banyak pencapaian. Bukan hanya dari kalangan mahasiswa, namun dari kalangan profesional juga. Untuk pertanyaan ini:

Menurut aku justru sangat bagus untuk mulai membuat akun LinkedIn dan membangun profil kita dari awal menjadi mahasiswa. Di LinkedIn kita juga bisa mengikuti banyak kursus dan seminar yang mereka tawarkan untuk menambah kompetensi kita. Aku sendiri jujur sedikit menyesal karena baru serius membangun profil dan koneksi di LinkedIn sejak beberapa bulan ini. But it’s never too late to start, dalam beberapa bulan ini aku cukup puas dengan apa yang sudah aku lakukan di LinkedIn, yang mungkin nantinya bisa membantu aku untuk mencari pekerjaan setelah lulus. Jadi menurut aku, kalau tujuan setelah lulus nanti adalah mencari pekerjaan, LinkedIn adalah salah satu platform terbaik untuk membantu kita.

Menurut saya ada baiknnya untuk menggunakan platform yang ada dengan tujuan berbeda-beda. LinkedIn salah satu media untuk menambah relasi dan untuk membangun karier di dunia kerja. Jika memang dibutuhkan, LinkedIn menjadi sangat penting, terutama untuk orang-orang yang baru lulus dan ingin memulai kariernya.

Alasan saya sendiri menggunakan LinkedIn seperti yang telah disebutkan di atas, menambah relasi dan membangun karier. Sebetulnya saat ini masih meraba-raba cara kerja optimal dari LinkedIn seperti apa, yang pasti harus bisa memanfaatkan platform yang ada untuk memaksimalkan apa yang kita mau.

Menurut saya, memiliki akun Linkedln sangat penting. Karena pengalaman saya pribadi dalam mencari lowongan magang, pkl ataupun kerja juga sudah ada yang mencantumkan akun Linkedln. Akun Linkedln sendiri memiliki banyak referensi lowongan-lowongan yang tersedia. Dapat digunakan juga untuk mengisi CV untuk melamar kerja dan magang.