Sepenting itukah make up bagi perempuan?

IMG_20210716_201643

Make up menjadi hal yang saya rasa tidak tabu lagi apalagi bagi para perempuan. selain untuk mempercantik wajah, make up juga digunakan untuk menambah rasa percaya diri ketika tampil di hadapan orang lain.

Di masa pandemi yang kesehariannya selalu memakai masker pun, perempuan masih mengenakan make up ketika berkegiatan. Padahal sebagian wajahnya tertutup masker. Apa sepenting itu make up bagi perempuan?

2 Likes

Menurut saya, penting tidaknya make up tergantung pada orangnya dan lingkungannya. Beberapa orang sudah bangga dengan wajahnya dan merasa menggunakan make up terus-terusan cukup merepotkan. Sebaliknya, ada juga beberapa orang yang merasa penampilannya belum lengkap jika tak menggunakan make up. Saya rasa hal itu sah-sah saja, mengingat cara pandang orang-orang terhadap dirinya berbeda-beda. Saya pribadi akan menggunakan make up sesuai acaranya dan tergantung pada orang-orang yang akan saya temui. Ketika kebanyakan orang yang akan saya temui menata riasannya dengan baik, maka saya pun akan demikian. Jika mereka tampil sederhana, saya pun akan demikian. Karena menurut saya, tampil berbeda akan membuat saya mencolok dan saya tidak suka mencolok :slightly_smiling_face:

1 Like

setuju dengan pendapat kak nurifa, penting tidaknya make up itu tergantung dari kebutuhan dan lingkungan kita. Saya pernah mendengar kalimat “Penampilan adalah Bentuk Apresiasi Terhadap Diri dan Orang Lain”. Dan aku cukup setuju dengan pernyataan tersebut. Karena sebelum kita memulai pembicaraan, atau suatu pekerjaan bersama orang lain, yang pertama kali dilihat pastinya penampilan. Jika kita berpenampilan urakan, orang yang melihatnya juga akan risih atau kurang nyaman. Walaupun kita juga harus ingat bahwa “don’t judge a book by its cover” itu penting, tetapi setidaknya untuk membuat kesan atau personal branding yang baik, kita perlu memperhatikan bagaimana kita berpenampilan dan bersikap. Tidak harus dengan make up yang tebal atau pakaian yang fashionable, tetapi cukup dengan berpenampilan rapi dan enak dilihat.
Selain itu, make up untuk perempuan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap diri mereka sendiri. Bukan karena ingin dilihat atau ingin dipuji, tetapi hanya untuk kepuasan dan kesenangan diri sendiri.

2 Likes

Kalau ditanya penting atau tidaknya, bagi saya make up belum begitu penting karena memang saya sudah terbiasa untuk tidak memakai make up dari remaja sampai usia saya menginjak 22 tahun. Ya mungkin memakai bb cream atau bedak agar nggak kelihatan pucat. Kalau saya memang belum bisa mengalokasikan uang saya untuk membeli segala jenis make up karena pendapatan yang terbatas juga. Paling minimal untuk perawatan wajah, saya membeli beberapa basic skincare karena menurut saya skincare lebih utama digunakan daripada make up. Namun untuk sebagian wanita yang lain, mungkin ada yang menganggapnya penting dikarenakan dengan menggunakan make up adalah upaya untuk terlihat fresh dan menghargai orang lain yang berinteraksi dengan kita. Adapula yang memang memiliki keterarikan di bidang tersebut sehingga bisa juga menjadi peluang pekerjaan. Tetapi yang perlu dipahami, semua perempuan itu cantik dengan atau tanpa make up

1 Like

Terlihat cantik dan juga menarik merupakan impian banyak perempuan. Salah satu penunjang agar perempuan terlihat cantik dan menarik adalah dengan polesan makeup . Banyak perempuan yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli berbagai macam peralatan makeup . Merasa percaya diri saat memakai makeup merupakan perasaan sangat berharga. Kerja keras perempuan seolah terbayar ketika melihat dirinya berubah lebih cantik meski sudah membeli berbagai macam peralatan makeup yang mahal seperti lipstik, foundation , blush on , dan sebagainya.

Menerapkan makeup ke wajah adalah bagian dai seni. Bagi perempuan, dengan memakai makeup adalah suatu cara untuk mengekspresikan dirinya menjadi unik dan beda dari yang lainnya. Itulah mengapa perempuan suka banget buat berlama-lama di depan cermin. Bagi sebagian perempuan, jago dalam memakai makeup merupakan sebuah bakat dalam mengasah kreativitas. Contohnya jika perempuan berani memakai lipstik warna biru maupun eyeshadow berwarna hijau dan menerapkan hal ini dengan benar kemudian berhasil, kamu akan dianggap kreatif dan keren.

Bagi sebagian orang melihat seorang perempuan memakai makeup mengubah pandangannya kepada perempuan tersebut. Hal tersebut nggak selalu benar adanya. Ketika perempuan memakai makeup bukan berarti mengubah kepribadiannya. Itu hanyalah suatu cara perempuan dalam mengekspresikan dirinya.

1 Like

Penting atau tidaknya make up itu menurutku tergantung dari masing-masing orang, karena ada sebagian orang yang tidak menggunakan make up sebab takut tidak cocok atau takut kulitnya mudah berjerawat, dan ada juga yang tidak percaya diri jika tidak menggunakan make up. Selain itu, biasanya sebagian orang merasa penting untuk menggunakan make up pada kondisi-kondisi tertentu atau sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ketika akan pergi ke acara pernikahan maka biasanya mereka akan menggunakan make up karena akan bertemu dengan banyak orang, atau akan bertemu dengan seseorang yang menurut mereka penting sehingga perlu untuk tampil cantik. Sementara, jika hanya akan pergi ke pasar atau sekadar membeli makanan di luar biasanya mereka cenderung tidak mementingkan untuk memakai make up.

Namun, menggunakan make up dapat membuat perempuan tampak lebih cantik dan fresh. Selain itu, make up juga merupakan bagian dari penampilan seseorang, sehingga menggunakan make up juga sebagai salah satu bentuk menghargai orang lain ketika akan bertemu.

1 Like

Penting tidaknya make up tergantung dari masing-masing individu, sebagian orang ada yang nyaman dengan tampilan wajah yang polos, namun sebagian lainnya wajib untuk ber-make up. Bagi saya sih make up itu penting untuk memberikan kesan tampilan yang menarik. Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Walaupun di masa pandemi ini setiap orang wajib pakai masker, akan tetapi tidak ada salahnya memakai make up walaupun sebagian wajah tertutup masker. Intinya sih seberapa penting make up bagi perempuan balik lagi ke masing-masing individu.

1 Like

Menurut saya sih make up berperan dalam menambah rasa percaya diri kaum wanita. Tidak perlu make up yang tebal ya… bedak tabur dam lipstik sudah termasuk make up kan?

Tapi kembali lagi pada kepribadian dan latar belakang perempuan tersebut. Kalau perempuannya cuek atau bahkan tomboy saya rasa mereka tidak akan menganggapp make up adalah hal yang penting. sebaliknya merias wajah justru akan membuat mereka risih bahkan malu dan merepotkan.

Tetapi untuk perempuan yang tumbuh dalam lingkungan dimana para perempuannya hobi berdandan tentu make up akan menjadi hal yang penting bagi mereka. Jadi ya begitulah make up itu menjadi sesuatu yang penting atau tidak adalah tergantung pribadi masing-masing perempuannya.

1 Like

Ya, bagi beberapa perempuan yang sering menggunakan makeup untuk kegiatan kesehariannya. Hal tersebut karena mereka sudah terbiasa, tuntutan pekerjaan dan atau mungkin ada beberapa yang merasa tidak percaya diri jika tidak menggunakan makeup.
Kalau dari saya pribadi saya juga menggunakan makeup namun, saya tidak menggunakannya setiap saat dan mungkin jika hanya saat keluar saja terlebih jika menggunakan makeup terlalu banyak muka saya sering jerawat apalagi jika lupa untuk membersihkannya. Saya lebih memilih membeli dan menggunakan skincare karena skincare dapat membantu saya membersihkan kotoran wajah dan membantu menghilangkan jerawat.

1 Like

Menurut Korichi, Pelle-de-Queral, Gazano, dan Aubert (2008) make-up secara psikologis memiliki dua fungsi yaitu fungsi seduction dan camouflage. Fungsi seduction artinya individu menggunakan make-up untuk meningkatkan penampilan diri. Umumnya individu yang menggunakan make-up untuk fungsi seduction merasa bahwa dirinya menarik dan menggunakan make-up untuk membuat lebih menarik. Fungsi camouflage artinya individu menggunakan make-up untuk menutupi kekurangan diri secara fisik. Umumnya individu yang menggunakan make-up untuk camouflage merasa dirinya tidak menarik sehingga perlu menggunakan make-up untuk membuat menarik.

Sehingga menurut pendapat saya, pemakaian make up itu tidak selamanya dikatakan penting bagi seluruh perempuan. Hal ini didasarkan atas fakta bahwa tidak semua perempuan menyukai dan menganggap bahwa make up ini merupakan sesuatu yang penting dan merupakan keharusan. Maka dari itu penting atau tidaknya makeup balik lagi didasari atas kebutuhan dan persepsi masing-masing sehingga faktor “needs” nya akan berbeda pada setiap perempuan.

1 Like

Menurut saya penting dikarenakan makeup memang selalu identik dengan rutinitas wanita setiap hari. Beberapa memakai makeup untuk mempercantik diri, tapi ada juga yang memakai makeup untuk menutupi kekurangan yang ada. Meskipun begitu, makeup tidak selalu tentang membuat cantik. Lebih dari itu, beberapa alasan menggunakan makeup justru bisa sangat penting dan bermanfaat, yakni untuk menambah rasa percaya diri, bentuk cinta kepada diri sendiri, dan masih banyak lagi.

1 Like

Make up atau merias wajah merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh mayoritas perempuan. Make up juga dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Aku sendiri memandang make up sebagai suatu hal yang penting asal tidak berlebihan. Berlebihan dalam artian menganggap bahwa dengan jika tidak memakai make up itu diri kita merupakan orang yang ‘jelek’. Dengan kata lain, jangan menganggap bahwa hanya dengan make up kita bisa terlihat cantik. Beberapa referensi yang aku baca menjelaskan bahwa dengan bermake up itu banyak banget manfaatnya. Misalnya:

  1. Mempercantik penampilan, dimana dengan menggunakan make up akan membuat penampilan kita menjadi menarik dan membuat wajah lebih segar dan tidak pucat.
  2. Melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan. Dalam beberapa produk kosmetik biasanya ada yang mengandung berbagai bahan yang mampu membantu untuk meremajakan kulit atau biasa disebut anti aging
  3. Tampak lebih professional. Salah satu alasan kenapa aku bilang makeup itu penting itu supaya terlihat lebih professional apalagi ketika kita sebagai perempuan yang akan mencari pekerjaan, dengan bermake up juga dapat berarti kita menghormati lawan bicara kita. Tidak perlu make up yang bold, tipis aja supaya terlihat tidak pucat dan lebih menarik.

Alasan lain dari aku yang menganggap make up sebagai kegiatan yang penting itu karena aku percaya kalau make up itu salah satu cara untuk menghargai diri sendiri, dimana kita dapat menentukan warna warna apa saja yang cocok untuk digunakan diwajah kita dan make up itu bagiku juga bisa mendatangkan kebahagiaan

Referensi

TIPS KECANTIKAN : Tak Hanya Bikin Cantik, Ini Manfaat Make Up bagi Wanita

1 Like

Yup, saya setuju dengan pendapat teman-teman diatas. Penting atau tidaknya make up itu tergantung dengan masing-masing individu. Tidak semua perempuan selalu menggunakan make up dalam keseharian mereka. Apabila mereka bekerja, biasanya mereka akan menggunakan make up untuk meningkatkan penampilan mereka. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Korichi, Pelle-de-Queral, Gazano, dan Aubert yang telah dituliskan oleh kak @ayushintyadewi. Bagi perempuan yang bekerja dari rumah atau perempuan sebagai ibu rumah tangga, mereka jarang menggunakan make up atau hanya menggunakan make up tipis-tipis saja, skincare yang biasanya sering digunakan. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan individu yang menganggap make up itu penting. Mereka yang tumbuh dan berkembang di lingkungan yang memperhatikan mengenai make up, maka akan menganggap make up itu penting.

Saya sendiri jarang menggunakan make up di keseharian saya karena masih di rumah saja dan melakukan kegiatan secara online juga. Kalaupun menggunakan make up biasanya ketika ke acara pernikahan atau kegiatan lainnya. Seperti yang telah dituliskan kak lasha, bahwa make up ini bisa membuat perempuan tampak lebih cantik dan fresh. Yup, saya setuju dengan itu.

2 Likes

Sebagai perempuan, sampai saat ini aku menggunakan makeup untuk kepuasan diri sendiri, bukan untuk orang lain. Jadi menurut aku penting karena makeup termasuk salah satu me time aku juga. Berdasarkan psikologi pun ada yang namanya “Lipstick Effect” yang menjelaskan bahwa makeup bisa meningkatkan kepercayaan diri individu dengan membuat mereka merasa lebih menarik secara fisik, meningkatkan kepercayaan diri, sikap, dan kepribadian. Oleh karena itu, makeup udah termasuk sebagian dari hidup aku yang sangat penting, karena dampak positif yang aku dapet dari makeup pun sangat banyak.

Referensi

https://www.thestar.com.my/lifestyle/health/2017/08/11/makeup-psychology-confidence-smarter

1 Like

makeup itu salah satu bentuk menghargai diri menurutku. walaupun menggunakan masker mereka tetap menggunakan make up itu mereka menunjukkan bahwa makeup ditujukan untuk dirinya, bukan untuk oranglain. aku termasuk orang yang tidak sering menggunakan make up karena aku senang tanpa makeup tidak perlu ribet-ribet membersihkannya dan juga mengurangi penyumbatan pada pori-pori.
bagi perempuan yang tomboi tentu saja makeup tidak penting bahkan ada yang berpendapat makeup sama saja seperti menggunakan topeng untuk menutupi diri yang apa adanya dan seperti menipu diri sendiri. pendapat tersebut tidak salah jika menggunakan makeup untuk dipandang dan ingin mendapatkan pujian cantik oleh orang lain.
Tapi, kebanyak perempuan pasti ingin dipuji cantik dan melakukan berbagai macam cara untuk berpenampilan menarik seperti menggunakan makeup, suntik putih, operasi plastik, dan lainnya yang membutuhan budget yang sangat banyak dan terkadang prosesnya memberikan rasa sakit yang berlebihan. siapa sih yang tidak ingin cantik? pasti mau semua termasuk para banci. tapi, mempercantik dirilah pada jalan yang sesuai dan jangan menyimpang agama serta merugikan diri sendiri.

1 Like

Menurutku peranan make up bagi perempuan cukup penting, selain menunjang penampilan. dengan ber-make up bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kewibawaan. Walaupun di masa pandemi COVID-19 sekarang ini sehingga wajahnya tertutup masker, tidak ada salahnya tetap menggunakan make-up dengan catatan riasan tidak terlalu tebal sehingga malah mengganggu kenyamanan.

1 Like