Sepenting Apa Sih Self Reward Untuk Diri Sendiri?

image

Setelah berhasil mencapai berbagai target yang sudah direncanakan, sering kali orang memberi penghargaan pada dirinya sendiri, istilahnya adalah self reward. Arti self reward sendiri adalah sebuah cara yang digunakan agar kita dapat melakukan lebih banyak hal. Caranya yakni dengan memberi imbalan atau hadiah pada diri sendiri atas pencapaian yang sudah diraih.

Menurut kalian, sepenting apa sih self reward untuk diri kita?

2 Likes

Saya rasa self reward sangat penting. Apalagi ketika kita telah mencapai suatu target yang sedang kita kejar, setelah berhasil kemudian kita memberi hadiah/penghargaan pada diri kita sendiri. Pentingnya self reward ini karena bisa menjadi motivasi agar kita bisa menjadi lebih baik dan melepaskan rasa penat dan stres kita setelah menggapai target tersebut. Self reward yang diberikan pada diri sendiri juga merupakan hak setelah jerih payah kita yang mampu menyelesaikan target yang kita kejar.

Menurutku, self reward merupakan kegiatan yang dapat bersifat sangat penting buat kita karena self reward terbukti dapat mengistirahatkan, mengembalikan, dan meningkatkan semangat kita dalam melakukan sesuatu, seperti belajar, mengerjakan tugas, bekerja, dan sebagainya. Self reward juga dapat dibilang sebagai bentuk menghargai dan menyayangi diri sendiri karena kita sering kali lupa buat memanjakan diri kita sendiri karena terlalu fokus dalam berusaha atau bekerja.

Namun, memang kita perlu berhati-hati buat menjalankan kebiasaan memberi self reward kepada diri sendiri. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberi self reward menurutku yang dikutip dari Cascio et al. (2016) adalah:

  1. Penetapan batasan capaian
    Kita sangat diperbolehkan buat memberi self reward ke diri kita sendiri jika penghargaan tersebut memang pantas untuk diberikan. Kita bisa memberikan batasan kepada diri sendiri, yaitu seberapa jauh target yang harus kita capai sebelum bisa mendapatkan self reward tersebut. Memang kita tidak boleh terlalu keras kepada diri sendiri, namun kita juga jangan terlalu lunak. Karena jika kita terlalu lunak kepada diri sendiri, maka self reward tersebut akan tidak terlalu memiliki nilai yang berharga buat kita. Kita akan merasa terlalu mudah untuk meraihnya sehingga akan tidak sesuai dengan tujuan atau konsep dari self reward itu sendiri.

  2. Penentuan bentuk self reward
    Penentuan bentuk self reward merupakan hal terpenting dalam bahasan ini, karena self reward dapat memiliki batas yang sangat tipis dengan sikap pemborosan. Perlu kita cermati, bahwa pemberian self reward tidak harus berbentuk barang yang harus mengeluarkan banyak uang. Kita harus tetap dapat menahan diri kita dengan memberi self reward yang sesuai dengan kemampuan kita, terutama kondisi finansial. Pemberian self reward yang sifatnya pemborosan justru telah menyalahi konsep self reward itu sendiri, yaitu sesuatu yang dapat memotivasi diri kita kedepannya. Contoh bentuk self reward yang bersifat positif untuk diri kita sendiri adalah hangout bersama teman atau pasangan, menonton film, melakukan hobi, atau makan makanan favorit kita.

Referensi

Cascio, C. N., O’Donnell, M. B., Tinney, F. J., Lieberman, M. D., Taylor, S. E., Strecher, V. J., & Falk, E. B. (2016). Self-affirmation activates brain systems associated with self-related processing and reward and is reinforced by future orientation. Social Cognitive and Affective Neuroscience , 11 (4), 621–629. https://doi.org/10.1093/scan/nsv136

Menurutku self reward itu penting, ketika kita sudah berhasil menaklukan atau memulai sesuatu sehingga membuat kita bangga atas pencapaian diri sendiri dan layak untuk mendapatkan hadiah sebagai tanda “terimakasih”. Namun self reward ini tidak hanya dalam bentuk hadiah saja. Kata afirmasi terhadap diri sendiri pun bisa disebutkan sebagai self reward. Karena pada dasarnya self-reward merupakan penghargaan diri baik materiil maupun non materiil, apabila berhasil mencapai tujuan yang diinginkan (1). Diharapkan dengan adanya self reward ini, pekerjaan selanjutnya akan dikerjakan dengan sama semangatnya seperti sebelumnya atau lebih.

Referensi

(1) Fitri, A.D. 2013. Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self-Management) Untuk
Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas X-11 SMAN 15
Surabaya. UNESA Journal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Vol 1,
No 1, pp 26-36 januari 2013.

Banyak cara untuk membuat diri sendiri merasa senang, salah satunya dengan memberikan self reward . Self reward yakni suatu penghargaan kepada diri sendiri yang pantas kita nikmati . Misalnya, ketika berhasil mencapai sesuatu jangan lupa memberikan selamat untuk diri sendiri. Pada dasarnya, kita berhak bersenang-senang untuk diri sendiri. Bukannya egois, tapi kita melakukannya atas dasar cinta pada diri sendiri.

  1. Sebagai bentuk hadiah atas semua kerja keras kita selama ini. Kita berhak menerima penghargaan karena berhasil menyelesaikan semua tugas dengan benar. Bentuk self reward bisa berupa liburan, shopping , intinya lakukan apa pun yang bikin kita bahagia.
  2. Memberikan self reward jadi pertanda kalau kita mencintai hidup. Self reward akan memacu diri kita untuk terus memberikan yang terbaik.
  3. Sebagai motivasi supaya kamu jadi lebih baik lagi. Kita akan semakin termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Ketika berhasil mencapai target yang sudah ditetapkan, berikan self reward untuk diri kita. Dengan begitu, kita jadi semakin produktif dan jiwa kompetitif terus menyala.
  4. Ampuh untuk melepaskan penat dan stress. Kita jadi semangat lagi setelah memanjakan diri. Setelahnya, kita siap memulai aktivitas dengan pikiran yang lebih segar. Lalu, kita pun bisa menularkan energi positif ke semua orang.
1 Like