Seni Rupa adalah

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa adalah sebuah seni yang menghasilkan karya yang penuh dengan nilai kreatifitas , nilai estetika dan nilai kebanggaan yang bisa dilihat oleh mata, diraba dengan tangan dan dirasakan dengan hati, perasaan dan pikiran .

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini dibuat dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

  1. Seni Rupa Murni

    • Seni Lukis

      Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

    • Seni Grafis

      Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan
      karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression’. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik.

    • Seni Patung

      Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

    • Seni Instalasi

      Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.

    • Seni Pertunjukan
      Seni pertunjukan (Bahasa Inggris: performance art ) adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

    • Seni Keramik

      Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.

    • Seni Film

      Film (cara pengucapan: [Filêm] atau Félêm) adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie (semula pelesetan untuk ‘berpindah gambar’). Film, secara kolektif, sering disebut ‘sinema’. Gambar-hidup adalah bentuk seni, bentuk populer dari hiburan, dan juga bisnis.
      Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera, atau oleh animasi.

    • Seni Koreografi

      Koreografi (atau “rancangan tari”, berasal dari bahasa Yunani “χορεία”, “tari” dan “γραφή”, “menulis”) disebut juga sebagai komposisi tari merupakan seni membuat/merancang struktur ataupun alur sehingga menjadi suatu pola gerakan-gerakan. Istilah komposisi tari bisa juga berarti navigasi atau koneksi atas struktur pergerakan. Hasil atas suatu pola gerakan terstruktur itu disebut pula sebagai koreografi. Orang yang merancang koreografi disebut sebagai koreografer.

    • Seni Fotografi

      Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “Fos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

  2. Kriya

    • Kriya Tekstil

      Hasil sebuah karya seni yang terbuat dari bahan-bahan bahan dasar kapas, contoh: busana, dan dapat dimanfaatkan

    • Kriya Kayu

      Jenis karya seni rupa ini berbahan dasar kayu, dan biasanya dibuat dan bemanfaat untuk perabot rumah tangga.

    • Kriya Keramik

      Karya seni rupa ini terbuat dari bahan dasar keramik dan pembuatannya, di bantu oleh sebuah alat pembentuk, yang biasa disebut alat cetak, dan di gunakan jenis kriya ini, sebagai alat rumah tangga.

    • Kriya Rotan

      Jenis seni rupa ini, berbahan dasar rotan, dan menggunakan teknik anyaman pada umumnya, serta bermanfaat, dan banyak dibuat sebagai alat-alat, serta perabot rumah tangga.

  3. Desain

    • Arsitektur

      Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

    • Desain Grafis

      Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

    • Desain Interior
      Desain visual yang dapat dirasakan bukan hanya pandangan saja, akan tetapi dapat di rasakan, desain jenis ini banyak diterapkan dalam disiplin keilmuan arsitektur, dan interior dapat dikatakan sebagai ruang dalam, yang dapat di manfaatkan.

    • Desain Busana

      Desain busana merupakan jenis kreatifitas sebuah karya seni pada penutup tubuh, yang mengesankan indah dan nyaman. Dan dirancang, sesuai obyak yang akan di bungkus, dapat dikatakan tubuh.