[Seni dan Budaya] "Cintai Budaya Indonesia" #DictioIsUs #SpeakingUpwithDictio

Share the gift of knowledge
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menganut negara kesatuan.
Negara kesatuan tersebut tertuang dalam UUD 1945 Pasal 1 Ayat 1 yang berbunyi, “Negara Indonesia ialah negara kesatuan, yang berbentuk republik”.
Bentuk pemerintahan NKRI adalah republik, sehingga negara diselenggarakan berdasarkan prinsip kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara demokratis, yang dibentuk melalui pemilihan umum (Pemilu). [Kompas.com - 18/03/2020, 18:30 WIB]

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman Budaya dan Suku Bangsa yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan 36 provinsi, ribuan pulau, dan lautan yang membentang sampai 2/3 wilayah Indonesia. Keadaan Wilayah di Indonesia ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi Geografis, Astronomis dan Geologis di Indonesia sehingga Keragaman budaya di Indonesia sangat bervariasi dan unik.

Namun, yang saya sangat sayangkan adalah tentang Kultur dan Budaya, karena negara kita makin banyak yang menerima budaya asing sehingga kita makin melupakan tentang Adat Budaya kita sendiri. Dan mungkin ada saja yang mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka sendiri, hal ini sempat membuat aku berpikir ‘Mengapa ada saja negara yang mau membuat seperti itu terhadap Negara kita yang seharusnya memiliki budaya tersebut?’ dan sepertinya, itu akibat kita mulai melupakan Budaya sendiri dan Negara lain sepertinya berpikir bahwa kita sudah tidak menginginkan budaya tersebut sehingga bisa terjadi hal tersebut.

Sebenarnya masalah ini menurut saya sangat besar karena bisa saja menimbulkan masalah antar dua negara karena Negara luar ini ingin mengambil hak budaya yang seharusnya milik kita, dan tentunya kita harus bertindak atau tidak kita makin lama akan mengurangi identitas kita sebagai salah satu negara yang memiliki keragaman budaya yang beragam. Tentu banyak hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah ini, seperti :

  • Selalu mengikuti kegiatan/lomba yang melibatkan budaya Indonesia, misalnya lomba menari tarian tradisional Indonesia
  • Kalau misalnya budaya tradisional agak membosankan dan biasa saja, kita bisa membuat improvisasi terhadap budaya tersebut, misalnya lagu yang sedang trending di sosial media, yaitu lagu lathi yang dibuat oleh band weird genius.
  • Bahkan kita juga bisa memperkenalkan budaya ini keluar negeri, misalnya waktu itu saya menonton video di youtube tentang sekelompok orang yang menang juara 1 diluar negeri.
    Kerennya juga tentang hal ini adalah, negara luar bisa tau kalau budaya ini sebenarnya berasal dari Indonesia.
  • Dan kita juga bisa melakukan ini dengan makanan Indonesia, misalnya kalau bertemu teman dari luar negeri ke Indonesia kita mengajaknya ke suatu restoran, sehingga dia bisa tau makanan Indonesia.
  • Atau kita bisa ikut melestarikannya dengan ikut menonton acara-acara ini di rumah atau langsung ditempat acara tersebut. (acara yang dimaksud adalah acara yang melibatkan Budaya Indonesia)

Dengan ini, budaya Indonesia akan tetap terlestarikan dan tidak punah sehingga Indonesia bisa selalu menjadi salah satu negara yang memiliki Keanekaragaman Budaya dan Suku Bangsa yang bermacam-macam

sekian dari saya, Hazel tentang “Cintai Budaya Indonesia”. Terima kasih untuk yang sudah nge like dan comment. Have a good day today, teman-teman dictio!

#DictioIsUs
#SpeakingUpwithDictio