Self diagnose khususnya pada penyakit mental atau mental illness, apa penyebabnya?

Self diagnose atau diagnosa secara pribadi pada umumnya terjadi pada orang-orang yang merasakan gejala penyakit mental. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan perasaan-perasaan yang akan menambah buruk emosi dan mental seseorang. lalu menurut kamu apa saja yang membuat seseorang meng-self diagnose dirinya sendiri?

1 Like

Menurutku, hal-hal yang biasanya terjadi ketika orang lebih mudah self diagnose itu ketika ada seseorang yang sedang merasakan adanya gejala penyakit mental namun tidak mendapat atau tidak ingin mencari validasi atas apa yang mereka rasakan. Biasanya ada beberapa hal yang membuat orang cepat untuk self diagnose salah satunya:
Panik atau terlalu cemas/khawatir. dan kurangnya Informasi yang didapat
Ketika kita sedang khawatir terkadang kita menjadi tidak bisa berfikir jernih dan kita biasanya menelan mentah-mentah informasi yang kita dapat tanpa mencari tahunya lebih lanjut, maka dari itu, usahakanlah ketika kita tidak sengaja meng-self diagnose diri sendiri diskusikanlah kepada teman/keluarga/ahlinya, agar bisa membantu menenangkan diri kita.