Sekolah seni lukis Rajput

Seni lukis berkembang dengan seiringnya jaman dan memiliki pesan yang ingin berikan oleh pelukisnya. Dengan perkembangan jaman, muncul Seni lukis Rajput dan memiliki tema tersendiri, untuk mengembangkan seni lukis tersebut, akhirnya didirikan sekolah seni lukis Rajput, Bagaimana ceritanya ?

  • Dalam dekade terakhir abad ke-16, sekolah seni Rajput mulai mengembangkan gaya-gaya khas yang menggabungkan pengaruh pribumi dan asing (seperti Persia, Mughal, Cina, atau Eropa) menjadi gaya yang unik. Lukisan ala Rajasthani terdiri dari empat sekolah dasar yang memiliki beberapa gaya artistik yang dapat ditelusuri ke berbagai kekaisaran-kekaisaran yang melindungi seniman ini. Keempat sekolah utama tersebut adalah sebagai berikut:[1] are as follows:

  • Sekolah Mewar yang berisi lukisan Chavand, Nathdwara, Devgarh, Udaipur dan Sawar

  • Sekolah Marwar terdiri dari gaya Kishangarh, Bikaner, Jodhpur, Nagaur, Pali dan Ghanerao

  • Sekolah Hadoti dengan gaya Kota, Bundi dan Jhalawar

  • Sekolah Dhundar gaya lukisan Amber, Jaipur, Shekhawati dan Uniara.

  • Sekolah seni Kangra dan Kullu juga sering kali dimasukkan kedalam bagian dari seni lukis Rajput. Nainsukh adalah seorang seniman lukisan Pahari yang terkenal, yagn bekerja untuk pangeran-pangeran Rajput yang pada saat itu memerintah jauh di utara.[1]

  • Kemajuan ekonomi pada masyarakat komersial beserta dengan dan kebangkitan “Vaisnavisme” dan pertumbuhan kultus Bhakti menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan seni lukis Rajasthani. Bahkan tercatat pada masa-masa awal perkembangan seni lukis Rajasthan, figur-figur relijius Rajasthan seperti Ramanuja, Meerabai, Tulsidas, Sri Chaitanya, Kabir dan Ramanand, ikut berkontribusi pada perkembangan seni lukis Rajasthani.[1]

  • Semua seni lukis Rajputana terpengaruhi secara tidak baik setelah serangan bangsa Mughal. Walaupun demikian, Mewar tidak pernah berada dalam kontrol langsung Kerajaan Mughal. Ini adalah salah satu alasan mengapa sekolah seni Rajasthani berkembang pertama kali di Mewar, (bentuk paling murni dari lukisan Rajastahani, dan kemudian di), Jaipur, Jodhpur, Bundi, Kota-Kalam, Kishangarh, Bikaner dan tempat-tempat lain di Rajasthan.