Sekolah Itu Sebenarnya Buat Apa Sih?

Kalau ditanya banyak orang mengenai tentang apa gunanya sekolah, pasti barangkali banyak yang menjawab “supaya jadi anak pintar” atau “biar dapat banyak uang nanti”. Tapi sebenarnya ada sesuatu di balik gunanya bersekolah. Apa sebenarnya tujuan kita bersekolah?

Menurut saya sekolah itu bukan hanya tempat untuk menimba ilmu saja, melainkan lebih dari itu. Sekolah menjadi tempat kita untuk belajar bersosialisasi dengan masyarakat, terutama dengan teman sebaya. Sebagai tempat kita mendapatkan banyak pengalaman dan belajar kemandirian. Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita dapat di sekolah tidak hanya ilmu pengetahuan. Jadi untuk teman-teman, jangan menyia-nyiakan waktu kalian di sekolah yaa.

Jika pendapat saya pribadi, tujuan bersekolah agar kita menjadi orang yang lebih terdidik, memiliki pemahaman baru dan dapat membuka cakrawala tentang luasnya ilmu pengetahuan yang ada. Selain itu ada banyak hal unik dan berkesan yang dilewati dengan teman-teman di sekolah yang bisa menjadi pengalaman hidup yang tak akan terlupakan.

Dengan sekolah bukan berarti membuat diri kita langsung menjadi pintar dan cerdas, melainkan menjadikan kita sebagai manusia yang berilmu dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

kalau saya menyukai quotes dari Shakuntala Devi

Pendidikan bukan hanya pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.

menurut saya hal tersebut benar adanya, karena semakin saya mengemban pendidikan yang tinggi semakin berbeda cara saya memandang suatu masalah maupun hal-hal lain. Selain itu mungkin karena saya juga merantau, saya benar-benar banyak mendalami ilmu kehidupan mulai dari perbedaan kultur antara kota domisili dan kota saya menempuh pendidikan hingga hal lain seperti merasakan hidup sendirian di kota orang. menurut saya itu juga termasuk dalam manfaat saya pergi sekolah, karena kalau saya tidak melanjutkan pendidikan mungkin saya tidak akan merantau juga.

Menurut saya itu untuk mempelajari pengetahuan umum dan keterampilan dasar untuk sekolah dasar, dan pengetahuan dan keterampilan lanjutan untuk sekolah lanjutan. Selain itu juga menjadi media bersosialisasi dengan teman sebaya, guru yang lebih dewasa, dan lain-lainnya.

Untuk poin yang pertama sebelumnya akibat covid19, sekolah diharuskan belajar secara daring, yang menurut saya tidak efektif bagi anak-anak sekolah dasar khususnya. Karena tidak semua orang tua memiliki bakat atau memiliki waktu untuk mengajar, sehingga akhirnya anak pun terbengkalai.

Dikutip dari merdeka.com (2021) “Terlalu Lama Belajar Online, Siswa Kelas 4 SD di Cianjur Ini Lupa Cara Membaca”. Maka dari itu menurut saya sekolah itu penting.

Referensi

Terlalu Lama Belajar Online, Siswa Kelas 4 SD di Cianjur Ini Lupa Cara Membaca | merdeka.com

sebenarnya segala sesuatu bisa dipelajari secara ototidak, tapi tanpa adanya sekolah kita tidak bisa belajar secara runtut karena tidak adanya kurikulum, tidak ada guru sebagai tenaga ahli yang membimbing, dan banyak kekurangan-kekurangan lainnya apabila kita belajar secara otodidak.