Sejarah Tari Yospan

Seperti yang kita ketahui, banyak tarian yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Yospan dari Papua. Lalu, bagaimana sejarah dari Tari Yospan tersebut?

Papua, yaitu Tari Yosim dan Tari Pancar. Tari Yosim sendiri merupakan tarian yang hampir mirip dengan Tari Poloneis (tarian dansa eropa), banyak sumber yang menjelaskan Tari Yosim ini berasal dari daerah pesisir utara Papua. Sedangkan Tari Pancar merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di daerah Biak, Numfor dan Manokwari. Awalnya Tari Pancar ini disebut dengan Tari Pancar Gas, agar lebih mudah disebut kemudian mereka menyingkatnya dengan Tari Pancar. Konon gerakan dalam Tari Pancar ini terinspirasi dari gerakan akrobatik pesawat pada masa penjajahan Belanda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Tari Yospan merupakan tari penggabungan antara Tari Yosim dan Tari Pancar. Tari Yospan awalnya hanya menggunakan gerakan-gerakan yang ada pada kedua tari tersebut. Namun seiring dengan berjalannya waktu tarian ini kemudian dikembangkan oleh masyarakat di sana, sehingga gerakannya lebih kaya dan bervariatif seperti yang sekarang ini.