© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Sejarah Singkat Penemuan Mesin Penyedot Debu

penyedot debu

Kalian pasti sudah akrab dengan mesin penyedot debu. Ya, alat yang satu ini pastinya banyak membantu pekerjaan rumah terutama urusan bersih-bersih. Adakah yang tau bagaimana rupa mesin ini seratus tahun yang lalu?

James Murray Spangler dari Amerika adalah orang pertama yang memperkenalkan mesin penyedot debu pada tahun 1907. Penyedot debu yang diperkenalkan Murray adalah penyedot debu yang dioperasikan dengan listrik dan berukuran kecil sekaligus ringan sehingga mudah digunakan. Namun, jauh sebelum Murray beberapa penemuan penyedot debu telah dilakukan.

Prototipe mesin penyedot debu karya Ives McGaffey dari Amerika pertama kali dibuat pada 1871. Mesin bernama Aspirator ini menggunakan sistem kerja pompa udara yang dibalik dan digerakkan dengan mesin uap. Aspirator pada saat itu hanya cocok digunakan pabrik besar.

Hubeth Cecil Booth dari Inggris pernah juga membuat mesin penyedot debu menggunakan listrik pada tahun 1901. Namun penyedot debu karya pemilik perusahaan Vacuum Cleaning Company ini masih sangat besar sehingga tidak efisien untuk digunakan.

Setelah semua pembuatan mesin tersebut, karya James Murray Spangler merupakan penyedot debu yang paling efisien untuk digunakan hingga pada akhirnya penemuan tersebut dijual kepada William H. Hoover. Hoover memproduksi alat tersebut dengan nama Hoover Model O. Sejak itu, Hoover menjadi pembuat penyedot debu ternama di dunia.

Sumber: