Sejarah dan Perkembangan Parfum dari Masa ke Masa

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2015/12/Botol-Parfum.jpg

Bahan pewangi ini sudah pasti sangat akrab dengan kalian para pemburu keelokan tampilan.

Istilah parfum berasal dari bahasa latin, per fumum, yang artinya “melalui asap atau uap”. Sejarah parfum konon dimulai sejak jaman Mesopotamia dan Mesir Kuno. Dan disempurnakan oleh bangsa Romawi dan Persia.

Tokoh pembuat parfum paling tua yang tercatat adalah seorang wanita bernama Taputti. Nama wanita ini muncul pada sebuah prasasti kuno sebagai seorang peramu parfum di Mesopotamia sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Taputti menyuling sari bunga dan ramuan lain hingga menghasilkan minyak beraroma wangi.

Kisah menarik, pada tahun 1922 para ahli arkeologi Inggris menggali makam Raja Tutankhamun di Mesir, dan mereka dibuat terkejut.

Sebab, kain pembalut mumi raja Mesir berusia 33 abad tersebut masih berbau harum! Dan pada akhirnya penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa para pendeta Mesir Kuno membuat ramuan herbal berbau wangi untuk menambah ramuan pengawet mumi sang raja.

Terlepas dari sejarah parfum sebelum masehi, para bangsawan Eropa adalah pihak yang dipercaya menjadi pengembang parfum yang paling berjasa.

Pada abad ke-13 ada sekelompok biarawan dari Italia yang mengembangkan cairan wangi jenis baru. pada abad ke-14 Ratu Hungaria secara khusus memerintahkan sebuah penelitian untuk mencampur parfum dengan alkohol, agar cepat menguap.

Ramuan baru ini kemudian dikenal dengan nama “Hungary Water” atau air dari Hungaria, yang juga merupakan cikal bakal parfum modern.

Pada abad ke-16 seorang ahli parfum kepercayaan Ratu Caterina dari Perancis yang bernama Rene membawa teknologi pembuatan parfum ke Perancis. Pada masa itu para bangsawan Perancis memerlukan wewangian untk menutupi bau badan mereka yang rata-rata memang jarang mandi.

Rene membuat sebuah laboratorium yang memiliki jalur rahasia ke kantor sang Ratu. Dengan demikian segala rahasia pembuatan parfum tidak akan bocor keluar. Jadilah hingga sekarang Perancis dikenal sebagai salah satu negara dengan produksi parfum dan kosmetika paling tersohor di dunia.

Produksi parfum makin berkembang dari waktu ke waktu. Tidak hanya di Eropa, hampir seluruh negara di dunia memiliki produk parfum andalan. Teknologi pembuatan parfum juga semakin canggih. Kita bisa memilih varian parfum yang paling sesuai dengan selera dan keinginan kita.

Sumber : http://sains.me/sejarah-dan-perkembangan-parfum-dari-masa-ke-masa/