Sebutkan salah satu social media yang populer tahun 2017? dan mengapa bisa menjadi populer?

MEDIA SOSIAL (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).

Popularitas Instagram telah berkembang dengan mantap sejak pertama kali diluncurkan kembali pada tahun 2010. Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif, saat ini merupakan jaringan media sosial terpopuler kedua di dunia, hanya di belakang Facebook (kecuali jika Anda menghitung YouTube).

image

Instagram sekarang dianggap sebagai platform media sosial terbaik untuk keterlibatan pelanggan. Tapi apa yang membuat platform begitu menarik bagi pengguna, dan bagaimana pemasar memanfaatkannya?

KELEBIHAN

  1. Fungsionalitas
    mobile Instagram mudah digunakan saat Anda bepergian. Ini adalah platform eksklusif seluler dan dapat segera mengedit gambar yang Anda ambil untuk diposkan di beranda. Itu membuatnya menjadi pengalaman sesaat, yang secara alami menarik lebih banyak orang. Ini juga aplikasi yang sangat sederhana untuk digunakan, hanya dengan beberapa pilihan posting dan “infinite sroll” yang bisa dicintai dari konten baru.

  2. Sifat visual
    Manusia lebih memilih untuk mengumpulkan dan menafsirkan informasi melalui penglihatan, itulah sebabnya mengapa pemasaran visual telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Instagram menarik sifat visual itu. Hampir seluruh newsfeed ditempati oleh rentang gambar horizontal, dan karena semuanya dikurangi ke format persegi yang sama, ia memberi tingkat formalitas tertentu pada pengalaman.

  3. Pembaruan
    Instagram juga merupakan pemberhentian dari aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, terutama karena kesederhanaannya. Ini dilakukan dengan cara yang fenomenal untuk menarik pemirsa yang lebih muda, dengan mayoritas penggunanya berada pada usia di bawah 30 tahun, dan memiliki energi yang telah terbilang oleh merek media sosial lama selama bertahun-tahun.

  4. Fungsi.
    Instagram juga melayani audiens yang menarik. Ini menawarkan posting yang tersedia bagi publik seperti Twitter, namun pada saat yang sama memiliki kontrol yang lebih besar terhadap spam dan jaringan pribadi yang cukup ketat. Hal ini tidak terbatas hanya pada satu fungsi sosial, seperti LinkedIn digunakan untuk jaringan profesional, dan dapat didekati dengan banyak orang. Ini memaksimalkan basis pengguna potensial Instagram, dan secara alami mendorong orang untuk berinteraksi lebih banyak.

  5. Simple Interface
    Ada sejumlah besar aplikasi fotografi yang berbeda, namun tidak ada yang sehebat Instagram. Dengan disposisi on-the-go, Instagram membuatnya sangat mudah untuk berbagi hidup Anda satu saat pada satu waktu dan terus diperbarui dengan semua yang anda nikmati. Dan seiring dengan antarmuka yang sederhana … pernahkah Anda memperhatikan bahwa tidak sampai saat ini, Instagram tidak pernah memiliki iklan sampah berkeliaran? Tidak ada pop-up, tidak ada junk mail yang menyeramkan, tidak ada kekacauan, . Dengan umpan langsung & sangat tidak rumit, tak mengherankan mengapa Instagram telah mendapatkan begitu banyak kesuksesan.

  6. Kualitas
    Kualitas gambar dan filter kamera ponsel. Instagram hadir dan menawarkan kualitas dan daya tarik visual yang sama seperti aplikasi telepon Hipstamat dan lainnya, namun menambahkan antarmuka yang sederhana dan dirancang dengan baik agar Anda dapat memilih filter setelah foto diambil. Kualitas gambar akhir, bersama dengan kamera iPhone fisik, cukup menekan ambang batas kualitas tertentu di mana gambar menjadi menarik secara visual. Bahkan jika Anda membandingkan foto Instagram dengan plug-in Adobe Lightroom profesional, Photoshop Actions, dan semua trik dan perangkat lunak desktop yang digunakan fotografer, foto Instagram memiliki kualitas yang layak. Gambar Instagram tentu tidak sebanding , dalam hal kualitas atau resolusi.

Sumber :
https://www.forbes.com/sites/jaysondemers/2017/03/28/why-instagram-is-the-top-social-platform-for-engagement-and-how-to-use-it/2/#12281d0579de ( diakses pada angal 5 Dsember 2017)

Social Media yang populer tahun 2017 salah satunya adalah Youtube. YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Dalam sebuah tulisan online tahun 2015, Indonesia dinyatakan sebagai salah satu negara pengakses Youtube terbesar se-Asia Pasifik. Hal ini dijelaskan lebih lanjut bahwa di tahun 2015 telah terjadi peningkatan hingga 130% pengakses dengan rata-rata waktu menonton yang juga ikut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Bisa dibilang peningkatan ini disebabkan oleh terus meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya smartphone dan kemudahan akses internet, masyarakat akan lebih muddah mengakses hal-hal penting dan dibutuhkan oleh mereka.

Tidak hanya dari sisi alat dan akses internet, kepopuleran Youtube juga dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang telah bergeser, orang tidak lagi tertarik untuk menghabiskan waktu untuk membaca, namun lebih tertarik untuk melihat, mendengarkan dan sekaligus mempraktekkan apa yang mereka lihat. Sebut saja dengan munculnya berbagai video tutorial yang dapat langsung diikuti oleh penonton Youtube menjadikan video-video di Youtube dipilih sebagai incaran utama referensi dalam melakukan berbagai hal.

Youtube juga semakin populer dengan kemunculan berbagai channel menarik dan berkualitas. Peningkatan kepopuleran Youtube juga menjadi lahan baru bagi para konten creator untuk mendapatkan penghasilan, yang mana selama ini mungkin hal ini tidak pernah terbayangkan sebelum Youtube sepopuler sekarang. Dengan kemasan audio visualnya yang dianggap lebih menarik oleh masyarakat Youtube mampu menyaingi situs lain yang selama ini menjadi acuan/referensi seperti Wikipedia. Bahkan dalam artikel yang ditulis oleh Jos Siant dalam Protal Uang.com disampaikan bahwa Youtube menjadi pilihan kedua setelah Google, karena Youtube juga digunakan masyarakat sebagai mesin pencari berbasis video.

SUMBER :
http://binus.ac.id/malang/2017/10/mengapa-youtube-populer/


(diakses pada tanggal 5 desember)


Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Facebook sangat berkembang dikalangan masyarakat dan telah berkembang sangat pesat dan meraih sebagai social media dengan jumlah pengguna terbanyak
image

Kelebihan Facebook yang membuatnya populer dibanding social media lain :

  1. Mudah Digunakan
    Iya fenomenal karena sebelum facebook muncul sudah banyak sosial media yang keren seperti friendster, tetapi karena friendster kurang mudah digunakan akhirnya digusur oleh facebook. Saat kita masuk ke facebook juga sangat mudah tinggal login, dan langsung bisa update status di Timelinenya.

  2. Sederhana Tapi Lengkap
    Disaat ada sosial media seperti friendster dan flickr yang berfokus pada pelayanan sharing foto facebook menawarkan kelengkapan yang tidak dimiliki oleh pendahulunya. Melalui facebook kita bisa sharing foto dan update status sekaligus, bahkan teman yang ingin melihat juga sangat mudah tanpa perlu banyak klik-kli.

  3. Mudah digunakan untuk Jualan
    Mudah digunakan jualan misalnya kita membuka group jual beli dan ingin memasarkan group itu dengan cepat, bisa memanfaatkan facebook Ads. Dengan Facebook Ads kita bisa beriklan di facebook . Karena mudahnya menggunakan Facebook Ads membuatnya semakin mudah untuk menyebarkan berita hoax.

  4. Mudah di akses melalui perangkat apapun
    Facebook sangat mudah diakses oleh seluruh device atau samrtphone lintas operating system, bisa lewat android, iOS, Windows, Linux, bahkan BlackBerry sekalipun.

  1. Media Permainan
    Facebook memiliki aplikasi permainan didalamnya. Ada berbagai macam permainan yang disuguhkan di facebook. Permainan petualangan, judi, kartu, bahkan tembak menembak juga ada.

  2. Membuat orang jadi terkenal
    Banyak orang biasa menjadi terkenal bahkan menjadi kaya mendadak seperti kapan hari ada bapak-bapak yang jualan nasi campur karena sepi pengunjung ada seorang pengunjung memotret terus disebarkan ke media sosial akhirnya jualan bapak jadi laris dan bapak inipun jadi viral.

  3. Membuat Semua Orang Mengenal Internet
    Dengan orang mengenal facebook entah itu teman atau komunitas otomatis teman yang ada di komunitas akan jadi ikut membuat facebook walau hanya sekedar untuk berbagi foto ataupun berbagi video.

  4. Memudahkan komunikasi
    Facebook membantu orang-orang yang lama tidak bertemu menjadi bertemu ataupun reuni ceritanya. Karena facebook bisa mengidentifikasi dari kelakuakn kita online di facebook, bahkan facebook bisa menyarankan teman yang satu Kota.

SUMBER :