Sebutkan Python IDEs yang Anda ketahui!


Sebutkan Python IDEs yang Anda ketahui !

1. Online Compiler from Programiz

Jika Anda ingin mulai menulis kode Python tanpa menginstal Python Anda dapat menggunakan kompiler Python online . Anda hanya perlu internet dan browser untuk memulai.

2. IDEL

Ketika Anda menginstal Python, IDLE juga diinstal secara default. Ini membuatnya mudah untuk memulai dengan Python. Fitur utamanya termasuk jendela shell Python (interpreter interaktif), penyelesaian otomatis, penyorotan sintaksis, indentasi pintar, dan debugger terintegrasi dasar.
IDLE adalah IDE yang layak untuk dipelajari karena ringan dan mudah digunakan. Namun, ini tidak optimal untuk proyek yang lebih besar.
image

3. Sublime Text

Sublime Text adalah editor kode populer yang mendukung banyak bahasa termasuk Python. Ini cepat, sangat dapat disesuaikan dan memiliki komunitas besar. Ini memiliki dukungan built-in dasar untuk Python ketika Anda menginstalnya. Namun, Anda dapat menginstal paket seperti debugging, pelengkapan otomatis, linting kode, dll. Ada juga berbagai paket untuk pengembangan ilmiah, Django, Labu dan sebagainya. Pada dasarnya, Anda dapat menyesuaikan teks Sublime untuk membuat lingkungan pengembangan Python yang lengkap sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengunduh dan menggunakan mengevaluasi teks Sublim untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Namun, Anda kadang-kadang akan mendapatkan pop-up yang menyatakan “Anda harus membeli lisensi untuk penggunaan lanjutan”.

image

4. Atom

Atom adalah editor kode sumber terbuka yang dikembangkan oleh Github yang dapat digunakan untuk pengembangan Python (teks Sublime yang serupa). Fitur-fiturnya juga mirip dengan Sublime Text. Atom sangat dapat dikustomisasi. Anda dapat menginstal paket sesuai kebutuhan Anda. Beberapa paket yang biasa digunakan dalam pengembangan Atom untuk Python adalah autocomplete-python, linter-flake8, python-debugger, dll. Secara pribadi, saya lebih suka Atom daripada Teks Luhur untuk pengembangan Python.
image

5. Thonny

Thonny adalah IDE khusus Python yang dilengkapi dengan Python 3 built-in. Setelah Anda menginstalnya, Anda dapat mulai menulis kode Python. Thonny ditujukan untuk pemula. Antarmuka pengguna dibuat sederhana sehingga pemula akan merasa mudah untuk memulai. Meskipun Thonny ditujukan untuk pemula, ia memiliki beberapa fitur berguna yang juga menjadikannya IDE yang baik untuk pengembangan Python penuh. Beberapa fitur-fiturnya adalah penyorotan kesalahan sintaks, debugger, penyelesaian kode, evaluasi langkah-langkah ekspresi, dll.
image

6. PyCharm

PyCharm adalah IDE untuk pengembang profesional. Ini dibuat oleh JetBrains, sebuah perusahaan yang dikenal karena menciptakan alat pengembangan perangkat lunak yang hebat.

Ada dua versi PyCharm:

Komunitas - versi open-source gratis, ringan, bagus untuk Python dan pengembangan ilmiah
Profesional - versi berbayar, IDE berfitur lengkap dengan dukungan untuk pengembangan Web juga PyCharm menyediakan semua fitur utama yang harus disediakan oleh IDE yang baik: penyelesaian kode, inspeksi kode, penyorotan dan perbaikan kesalahan, debugging, sistem kontrol versi, dan refactoring kode. Semua fitur ini keluar dari kotak. Satu-satunya keluhan utama yang pernah saya dengar tentang PyCharm adalah padatnya sumber daya. Jika Anda memiliki komputer dengan jumlah RAM yang kecil (biasanya kurang dari 4 GB), komputer Anda mungkin tertinggal
image

7. Visual Studio Code

Visual Studio Code (VS Code) adalah IDE bebas dan sumber terbuka yang dibuat oleh Microsoft yang dapat digunakan untuk pengembangan Python. Anda dapat menambahkan ekstensi untuk membuat lingkungan pengembangan Python sesuai kebutuhan Anda dalam kode VS. Ini menyediakan fitur seperti penyelesaian kode cerdas, memeriksa kesalahan potensial, debugging, pengujian unit dan sebagainya. VS Code ringan dan dikemas dengan fitur-fitur canggih. Ini adalah alasan mengapa itu menjadi populer di kalangan pengembang Python.
image

8. VIM

Vim adalah editor teks pra-instal dalam sistem macOS dan UNIX. Untuk Windows, Anda perlu mengunduhnya. Beberapa pengembang benar-benar memuja Vim, pintasan keyboard-nya, dan perluasan, sedangkan beberapa hanya membencinya. Jika Anda sudah tahu cara menggunakan Vim, ini bisa menjadi alat yang baik untuk pengembangan Python. Jika tidak, Anda perlu menginvestasikan waktu untuk mempelajari Vim dan perintahnya sebelum dapat menggunakannya untuk Python. Anda dapat menambahkan plugin untuk penyorotan sintaksis, penyelesaian kode, debugging, refactoring, dll ke Vim dan menggunakannya sebagai IDE Python.
image

9. Spyder

Spyder adalah IDE open-source yang biasanya digunakan untuk pengembangan ilmiah. Cara termudah untuk bangun dan menjalankan dengan Spyder adalah dengan menginstal distribusi Anaconda. Jika Anda tidak tahu, Anaconda adalah distribusi populer untuk ilmu data dan pembelajaran mesin. Distribusi Anaconda mencakup ratusan paket termasuk NumPy, Pandas, scikit-learn, matplotlib dan sebagainya.Spyder memiliki beberapa fitur hebat seperti pelengkapan otomatis, debugging, dan shell iPython. Namun, kekurangan fitur dibandingkan dengan PyCharm.
image

Referensi

https://www.programiz.com/python-programming/ide