Sebutkan Perubahan Apasaja yang Tejadi Setalah Dilakukannya Pemanasan pada Logam?

Sebutkan Perubahan Apasaja yang Tejadi Setalah Dilakukannya Pemanasan pada Logam ?

Perubahan perubahan yang terjadi setelah proses pemanasan terbagi menjadi tiga yaitu :

Recovery adalah pelepasan energi regangan didalam bahan kerena gerakan dislokasi (karena gaya yang diberikan) disebabkan oleh difusi atom yang meningkat pada temperatur yang lebih tinggi. Sebagian energi regangan dilepaskan dan jumlah diskolasi turun, konduktivitas listrik dan thermal menjadi lebih baik seperti keadaan sebelum dilakukan pengerjaan dingin. Pada tahapan ini belum terjadi perubahan sifat mekanik maupun struktur mikro.
• Rekristalisasi Walaupun recovery telah selesai, butir masih memiliki energi regangan yang tinggi. Rekristalisasi adalah pembentukan butiran ”equiaxed” (bulat) baru yang bebas dari energi regangan dan mempunyai kerapatan diskolasi rendah. karakteristiknya seperti kondisi sebelum dilakukan pengerjaan dingin gaya penggerakan terbentuknya butir baru adalah karena perbedaan energi dalam antara material yang bebas energi regangan dengan yang mempunyai energi regangan.
• Pertumbuhan butir Pertumbuhan butir merupakan lanjutan dari proses recovery dan rekristalisasi. Setelah rekristalisasi selesai, butir yang terbentuk akan terus tumbuh atau membesar jika temperatur logam tetap dijaga, fenomena ini disebut pertumbuhan butir. Pertumbuhan butir terjadi karena berpindahnya batas butir. Tidak semua butir menjadi besar, tetapi butir besar tumbuh seiring dengan menghilangnya butir lebih kecil.