Sebutkan lima database terpopuler didunia!


Basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Sebutkan lima database terpopuler didunia !

Fabbri dan Schwab, berpendapat bahwa database ialah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan (redundancy) data. Untuk menyimpan ataupun mengambil data dari basis data kita memerlukan perangkat lunak yang sering disebut dengan DBMS (system managemen basis data).

1. Microsoft Access

Ms. Access adalah salah satu Database Management System buatan Microsoft yang berada satu paket pada penginstalan Microsoft Office. Microsoft setidaknya telah merilis kurang lebih 10 versi, dari mulai versi pertama yaitu v1.0 yang rilis pada tahun 1992 sampai yang terakhir yaitu Ms. Access 2013 yang rilis tahun 2012. Untuk penginstalannya dibutuhkan space hardisk yang besar. DBMS ini juga hanya bisa dijalankan di ruang lingkup yang kecil karena mempunyai kapasitas yang sangat terbatas dan keamanannya yang tidak bisa begitu diandalkan. Jadi, DBMS ini akan cocok untuk diaplikasikan pada small system atau home bisnis.

2. MySQL

Database ini pertama kali di ciptakan oleh Michael “Monty” Widenius dari Swedia dengan nama UNIREG ISAM. Monty bekerja sama dengan perusahaan TcX untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan database UNIREG ISAM. Namun UNIREG dianggap tidak cocok untuk aplikasi tersebut.

TcX pun mengambil pilihan lain dengan menggunakan database mSQL buatan David Hughes. Namun database ini tidak mendukung indexing.

Monty pun meminta kerjasama dengan Hughes untuk mengembangkan mSQL, tapi Hughes menolaknya. Akhirnya TcX dan Monty bekerja sama merancang database baru dengan gabungan dari UNIREG ISAM dan mSQL pada tahun 1995 dengan nama MySQL.

Dan pada tahun 1995 juga TcX berubah menjadi MySQL AB (Aktiebolag). AB merupakan istilah PT di Swedia.

Database ini banyak digunakan oleh programmer dan developer web di dunia karena free. Selain itu DBMS ini memiliki kapasitas yang cukup mumpuni yaitu sekitar 60.000 tabel dan 5.000.000.000 record.

Keamanan datanya juga cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre dan Oracle. DBMS ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan diberbagai system operasi. MySQL sangat cocok untuk diaplikasikan di kelas menengah ke bawah.

Kelebihan MySQL ini adalah sangat cepat dan sangat fleksibel di berbagai macam program.

3. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sebuah DBMS buatan Microsoft. DBMS ini bersifat monoplatform. Jadi hanya bekerja di satu system operasi saja yaitu Windows.

DBMS buatan Bill Gates ini merupakan DBMS yang berbayar, tetapi Microsoft juga menyediakan yang versi yang gratis.

Keamanan datanya juga sudah sangat baik. Kapasitas penyimpanannya besar tapi tidak mencapai Terabyte. Meskipun kapasitas rollback dan recoverynya tidak sebagus Oracle tapi DBMS ini masih bisa digunakan pada aplikasi yang besar.

DBMS ini cocok digunakan untuk perusahaan mikro, menengah sampai besar karena kapasitasnya yang besar.

4. Postgre

Perangkat lunak ini adalah DBMS yang bersifat open source atau gratis yang banyak digunakan dan dikembangkan oleh developer dunia.

Kelebihan DBMS ini adalah rancangan arsitekturnya sangat kuat, handal dan akurasi datanya sangat tepat serta keamanan data yang sangat kuat. Banyak aplikasi yang memakai software ini seperti Yahoo dan Skype.

Postgre juga telah memiliki banyak penghargaan sebagai database terbaik. Yang terakhir Postgre menjadi pemenang Linux new Media Award pada 2012 untuk kategori Database Open Source terbaik.

5. Oracle

DBMS ini dikembangkan oleh Oracle Corporation. DBMS ini bisa berjalan di berbagai jenis platform seperti Apple, Windows dan Linux.

DBMS ini memiliki kapasitas penyimpanan yang mencapai terabyte. Database ini tersedia dalam bentuk gratisan dan berbayar.

Untuk masalah keamanan data, Oracle yang terbaik. Untuk performanya, sebaiknya Anda menyediakan harddisk dengan space yang besar jika ingin menggunakan Database Management System ini.

Adapun tipe database ada sekurang-kurangnya 12 tipe, yaitu antara lain:

  1. Analytical database, yang merupakan database untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari operasional dan eksternal database. Database ini terdiri dari data dan informasi yang diringkas dan paling banyak dibutuhkan oleh suatu organisasi manajemen maupun End-user lainnya.

  2. Operational database ialah database yang menyimpan data secara rinci yang dibutuhkan untuk mendukung operasi dari seluruh organisasi. Biasa juga disebut dengan SADB (subject-area databases), transaksi, dan produksi database. Contohnya seperti : database inventaris, database pribadi, database pelanggan, akuntansi database.

  3. Distributed database merupakan kelompok kerja lokal database dan departemen di kantor-kantor dan lokasi kerja yang lainnya. Dalam database ini terdapat dua segmen yaitu user database dan operasional yang datanya digunakan dan duhasilkan hanya pada pengguna situs itu sendiri.

  4. Data warehouse yaitu sebuah data warehouse yang menyimpan data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini. Data warehouse merupakan sumber utama data yang telah terintegrasi sehingga bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh para pengguna seluruh organisasi yang profesional. Perkembangan yang terjadi akhir ini dari data warehouse ialah dipergunakan sebagai Shared nothing architecture untuk mendukung dan memfasilitasi ekstrem scalling.

  5. End-user database yang terdiri dari file-file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation mereka. Contohnya berbagai koleksi dokumen dalam word processing, spreadsheet maupun download file.
    6.Real time database merupakan sebuah sistem pengolahan yang dirancang dalam menangani beban kerja suatu negara yang bisa berubah-ubah, mengandung data terus menerus dan sebagian tidak berpengaruh terhadap waktu. database ini bermanfaat bagi orang-orang hukum, akuntansi, perbankan, multi media dan analisis dta yang ilmiah.

  6. Document oriented database yang merupakan salah satu program komputer yang dirangkai untuk sebuah aplikasi yang berorientasi pada dokumen. Sistem ini dapat diterapkan sebagai lapisan diatas database relasional maupun objek database.

  7. In memory database. Database ini bergantung pada memori untuk penyimpanan data dalam sebuah komputer.

  8. Navigational database. Dalam navigasi database ini, queries menjumpai benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.

  9. Hypermedia database on the web merupakan sekumpulan halaman multimedia yang saling berkaitan dalam sebuah situs web, yang terdiri dari home page, dan hyperlink dari multimedia seperti gambar, teks, grafik audio dls.

  10. External database. Adapun database tipe ini menyediakan akses ke eksternal, data milik pribadi online – tersedia untuk biaya pada pengguna akhir ataupun organisasi dari layanan komersial.

  11. Relational database. Dari tahun 2009 rational database merupakan standar komputasi bisnis, dan database yang paling umum digunakan pada saat ini.

Sumber

https://www.plimbi.com/article/165315/mari-mengenal-5-database-management-system-yang-te