Sebutkan langkah-langkah melakukan Risk Assessment!


Risk Management adalah cara untuk mengantisipasi terjadinya resiko - resiko yang bisa mengancam keberhasilan pelaksanaan suatu proyek Teknologi Informasi. Salah satu tahapan dalam melakukan Risk Management adalah Risk Assessment. Sebutkan langkah-langkah dalam melakukan Risk Assessment!

Secara singkat, Risk Assessment (Penilaian Risiko) merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan untuk memperkirakan suatu risiko dari situasi yang bisa didefinisikan dengan jelas ataupun potensi dari suatu ancaman atau bahaya baik secara kuantitatif atau kualitatif.

Langkah langkah melakukan Risk Assessment
Tidak ada peraturan yang pasti mengenai bagaimana sebuah risk assessment harus dilakukan, namun ada beberapa kaidah umum yang harus diikuti dalam melakukan risk assessment. Lima langkah untuk melakukan risk assessment dapat diikuti untuk memastikan risk assessment yang anda buat benar, lima langkah tersebut adalah:

  1. Step 1: Identifikasi bahaya
    Untuk mengidentifikasi bahaya, Anda perlu memahami perbedaan antara ‘bahaya’ dan ‘risiko’. Bahaya adalah ‘sesuatu yang berpotensi menimbulkan bahaya’ dan risiko adalah ‘kemungkinan potensi bahaya itu terwujud’. Bahaya dapat diidentifikasi dengan menggunakan sejumlah teknik yang berbeda seperti berjalan di sekitar tempat kerja, atau menanyakan ke karyawan Anda.

  2. Step 2: Tentukan siapa yang mungkin terkena bahaya dan bagaimana
    Sekali anda telah mengidentifikasi sejumlah bahaya, anda perlu memahami siapa atau apa yang mungkin terkena bahaya/dampak resiko dan bagaimana resiko tersebut berdampak pada sesuatu tersebut.

  3. Step 3: Evaluasi resiko dan buat keputusan berdasarkan pengukuran pengendalian
    Setelah mengidentifikasi bahaya dan menentukan siapa yang mungkin terkena bahaya dan bagaimana, anda diharuskan untuk melindungi hal terdampak tersebut dari bahaya. Bahaya dapat dihilangkan secara penuh atau dilakukan pengendalian resiko.

  4. Step 4: Catat temuan anda
    Temuan Anda harus ditulis itu adalah persyaratan hukum di mana ada 5 atau lebih karyawan; dan dengan mencatat temuan itu menunjukkan bahwa Anda telah mengidentifikasi bahaya, memutuskan siapa yang dapat dirugikan dan bagaimana, dan juga menunjukkan bagaimana Anda berencana untuk menghilangkan risiko dan bahaya.

  5. Step 5: Tinjau kembali penilaian anda dan update ketika diperlukan
    Anda tidak boleh lupa bahwa beberapa tempat kerja tetap sama dan sebagai hasilnya penilaian risiko ini harus ditinjau dan diperbarui bila diperlukan.

Sumber:

  1. Federal Guidelines for Dam Safety Risk Management, https://www.ferc.gov/industries/hydropower/safety/guidelines/draft-guidelines.pdf
  2. https://rospaworkplacesafety.com/2013/01/21/what-is-a-risk-assessment/