Sebutkan jenis-jenis Sangkar Untuk Kolibri?

Ada berapa jenis sangkar untuk kolibri yang umum dipakai?

Sangkar merupakan komponen penting dalam memelihara burung. Karena fungsinya sebagai rumah untuk burung.

Tidak hanya sekedar model sangkar yang kita pilih. Tetapi nilai keindahan dan kenyamanan sangkar perlu kita perhatikan.

Ada dua jenis sangkar yang umum dipakai. Yaitu sangkar kotak atau sangkar bulat.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya dibedakan menjadi 3 jenis bahan. Yaitu sangkar yang berbahan kayu, bambu, dan besi.

Ukuran sangkar yang direkomendasikan untuk jenis kolibri adalah model panjang keatas. Karena kolibri memiliki karakter hovering.

Untuk ukuran sangkar kotak pilihlah yang berbentuk persegi dengan sisi minimal 25 cm. Dengan tinggi sangkar minimal 45 cm, makin besar makin bagus.

Untuk sangkar bulat para konin umumnya menggunakan sangkar lovebird. Dengan diamter sangkar kurang lebih 32 cm.

Jika menggunakan sangkar lovebird pilihlah ukuran yang paling besar. Agar burung dapat terbang dan bergerak lebih bebas.

Apakah tidak lepas jika menggunakan sangkar lovebird om?. Selama ini jarang ditemui kolibri yang menggunakan sangkar lovebird lepas sebab jarak ruji.

Rumah kolibri sendiri lebih menyarankan menggunakan model sangkar ini. Karena mudah dibersihkan dan awet jika rutin dibersihkan.

Selain awet sangkar lovebird juga lebih terlihat elegan jika di kombinasikan dengan tebok yang bagus. Selain itu juga lebih cocok untuk burung kolibri gantangan.

Untuk sangkar jenis ini pilihlah yang jarak rujinya tidak terlalu renggang. Dan ruji-ruji kuat tidak lentur namun kandang akan terasa lebih berat.

Hal ini untuk mengantisipasi burung lepas akibat jarak ruji terlalu renggang. Perhatikan setiap detail kandang adakah yang sela yang bisa di lewati burung ketika memilih sangkar.

Sedangkan di negara tetangga khusunya negara Vietnam. Sangkar yang biasa dipakai adalah sangkar jenis cungkok.

Menurut Rumah Kolibri sendiri kurang suka jika menggunakan jenis ini. Karena terlalu kecil sehingga burung tidak bebas bergerak dan melakukan hovering