Sebutkan dan jelaskan teknik prioritas pengembangan produk kano model ?

ada beberapa macam teknik prioritas pengembangan produk yaitu teknik kuantitatif eksternal dan internal serta kualitatif eksternal dan internal. teknik teknik tersebut yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan sebuah produk agar menjadi lebih baik lagi kedepanya.

gambar

Kano Model Menghubungkan antara pengembangan produk dengan kepuasan pengguna melalui tiga dasar pemikiran, yaitu :

  1. Kepuasan pengguna terhadap fitur-fitur yang ada pada produk kita tergantung pada fungsi tiap-tiap fitur tersebut. Seberapa banyak atau seberapa baik fitur-fitur tersebut diimplementasikan pada produk kita.
  2. Fitur-fitur yang ada pada produk kita diklasifikasikan kedalam lima kategori
  3. Kita dapat menentukan bagaimana pengguna merasakan fitur-fitur yang ada pada produk kita melalui penggunaan kuisioner.

Kategori-kategori yang ada pada Kano Model adalah :

  1. Kebutuhan Performansi (Performance Requirements)
  2. Kebutuhan Dasar (Basic Requirements)
  3. Kebutuhan Kesenangan (Excitement Requirements)
  4. Kebutuhan Biasa (Indifferent Requirements)
  5. Kebutuhan Perusak (Reverse Requirements)

sumber lain :

Model Kano adalah teori untuk pengembangan produk dan kepuasan pelanggan yang dikembangkan pada tahun 1980 oleh Profesor Noriaki Kano , yang mengelompokkan preferensi pelanggan ke dalam lima kategori.

Kategori Kano Model

  1. Must-be Quality

Secara sederhana, ini adalah persyaratan yang diharapkan pelanggan dan diterima begitu saja. Ketika dilakukan dengan baik, pelanggan hanya netral, tetapi ketika dilakukan dengan buruk, pelanggan sangat tidak puas. Kano awalnya menyebut ini “Must-be’s” karena mereka adalah persyaratan yang harus dimasukkan dan harga masuk ke pasar.

  1. Kualitas Satu Dimensi

Atribut-atribut ini menghasilkan kepuasan saat terpenuhi dan ketidakpuasan ketika tidak terpenuhi. Ini adalah atribut yang diucapkan dan yang di mana perusahaan bersaing. Contoh ini akan menjadi paket susu yang dikatakan memiliki susu sepuluh persen lebih banyak untuk harga yang sama akan menghasilkan kepuasan pelanggan, tetapi jika hanya mengandung enam persen maka pelanggan akan merasa disesatkan dan itu akan menyebabkan ketidakpuasan.

  1. Kualitas yang Menarik

Atribut-atribut ini memberikan kepuasan ketika tercapai sepenuhnya, tetapi tidak menimbulkan ketidakpuasan saat tidak terpenuhi. Ini adalah atribut yang biasanya tidak diharapkan, misalnya, termometer pada kemasan susu yang menunjukkan suhu susu. Karena jenis-jenis atribut kualitas ini secara tak terduga memuaskan pelanggan, mereka sering tidak terucap.

  1. Kualitas acuh tak acuh

Atribut-atribut ini mengacu pada aspek-aspek yang tidak baik atau buruk, dan mereka tidak menghasilkan kepuasan pelanggan atau ketidakpuasan pelanggan. Misalnya, ketebalan lapisan lilin pada karton susu. Ini mungkin kunci untuk desain dan pembuatan karton, tetapi konsumen bahkan tidak menyadari perbedaannya. Sangat menarik untuk mengidentifikasi atribut-atribut ini dalam produk untuk menekannya dan oleh karena itu mengurangi biaya produksi.

  1. Kualitas Terbalik

Atribut-atribut ini mengacu pada tingkat pencapaian yang tinggi yang mengakibatkan ketidakpuasan dan fakta bahwa tidak semua pelanggan sama. Misalnya, beberapa pelanggan lebih menyukai produk teknologi tinggi, sementara yang lain lebih menyukai model dasar produk dan tidak akan puas jika produk memiliki terlalu banyak fitur tambahan.

Langkah-langkah menggunakan kano model :

  1. Pilih fitur dan pengguna target anda

Fitur-fitur yang Anda pilih untuk diteliti harus di mana pengguna akan mendapatkan manfaat yang berarti dari mereka .

  1. Dapatkan data terbaik dari pelanggan anda.

Kuesioner dan cara Anda menyajikannya adalah satu-satunya metode masukan Anda untuk studi Kano.

  1. Analisis Hasilnya

Setelah memetakan dan memproses hasil, harus dapat mengkategorikan fitur dan mendapatkan wawasan ke dalam cara terbaik untuk memprioritaskannya.

Referensi :

https://foldingburritos.com/kano-model/