Sebutkan apa saja Fungsi-fungsi dalam Komunikasi Bisnis?

Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antara dua pihak atau lebih. Dalam proses ini, satu pihak mentransmisikan pesan dengan menggunakan media dan pihak lain menerima pesan tersebut.

Sebutkan fungsi-fungsi yang ada dalam komunikasi?

fungsi komunikasi

Komunikasi memiliki empat fungsi utama dalam organisasi atau kelompok:

Control

Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dengan berbagai cara. Organisasi memiliki hierarki wewenang dan pedoman formal yang harus diikuti oleh karyawan. Misalnya terdapat suatu kasus, karyawan diminta untuk mengkomunikasikan keluhan terkait pekerjaannya kepada atasan mereka secara langsung, mengikuti uraian tugas , atau mematuhi kebijakan perusahaan, maka komunikasi melakukan fungsi kontrol. Namun komunikasi informal juga mengendalikan perilaku. Ketika kelompok kerja mengganggu anggota dan membuat anggota kelompok lainnya terlihat buruk mereka akan berkomunikasi secara informal, dan mengendalikan perilaku anggota.

Motivation

Komunikasi memupuk motivasi dengan menjelaskan kepada karyawan apa yang harus dilakukan, seberapa baik kinerjanya dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja jika di bawah standar. Pembentukan tujuan secara spesifik, umpan balik terhadap kemajuan dalam mencapai tujuan, dan penguatan perilaku yang diinginkan, hal ini mendorong meningkatnya motivasi dan membutuhkan komunikasi.

Emotional Expression

Bagi banyak karyawan, kelompok kerja merupakan sumber utama dalam interaksi sosial. Komunikasi yang terjadi di dalam kelompok adalah mekanisme mendasar dimana anggota menunjukkan rasa kegagalan maupun perasaan puas mereka. Oleh karena itu komunikasi memberikan perasaan ekspresi emosi dan pemenuhan kebutuhan sosial.

Information

Fungsi ini berhubungan dengan peran komunikasi dalam memfasilitasi pengambilan keputusan. Ini menyediakan informasi yang dibutuhkan individu dan kelompok untuk membuat keputusan dengan mentransmisikan data untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai pilihan alternatif.

Fungsi lain dari komunikasi dalam bisnis diantaranya:

  1. Informing: Ini merupakan fungsi utama dalam komunikasi. Fungsi ini menyampaikan pesan secara verbal atau non-verbal. Pesan verbal dapat berupa lisan atau tulisan sementara pesan non verbal dapat melalui bahasa tubuh manusia, gerak tubuh, postur tubuh dan lainnya.

  2. Persuading: Fungsi komunikasi yang lebih esensial adalah meyakinkan satu pihak dengan pihak lain. Dalam bisnis, manajemen meyakinkan karyawan untuk memastikan bahwa karyawan dapat menyampaikan keinginan sehingga manajemen menerima gagasan, pendapat, dan saran. Bisnis juga berkomunikasi dengan pemangku kepentingan eksternal untuk meyakinkan mereka.

  3. Integrating various divisions and departments: Pencapaian tujuan organisasi memerlukan adanya integrasi dan koordinasi kegiatan yang dilakukan oleh berbagai individu, kelompok dan departemen. Manajemen dapat mengumpulkan dan mengkoordinasikan orang-orang dalam divisi dan departemen dengan membangun jaringan komunikasi untuk keseluruhan organisasi.

  4. Creating relationships through external parties: Komunikasi menciptakan hubungan tidak hanya dengan pihak internal tetapi juga dengan pihak eksternal seperti pelanggan, pemasok, investor, masyarakat umum, dan pemerintah. Komunikasi dengan pihak eksternal bisa jadi untuk kelangsungan hidup suatu organisasi.

  5. Improving labor-management association: Untuk meningkatkan hubungan manajemen karyawan dalam mencapai tujuan organisasi. Maka, komunikasi membantu masing-masing pihak untuk menekspresikan diri dan menghasilkan suasana kerja sama yang baik.

  6. Helping in choice making: Fungsi komunikasi adalah untuk menyediakan info yang relevan mengenai manajemen sehingga dapat membuat keputusan ya**ng tepat.

  7. Reducing misunderstanding: Dengan tidak adanya komunikasi, memungkinkan terjadinya kesalahpahaman, jarak, konflik, kontroversi. Komunikasi membantu mengatasi dan menghindari kesalahpahaman, konflik dan kontroversi sehingga memungkinkan adanya peningkatan di dalam organisasi.

  8. Solving troubles: Dalam bisnis pasti akan menemui masalah dalam operasi sehari-hari. Keberhasilan bisnis tergantung seberapa bisa suatu masalah dapat segera ditangani. Maka, masalah ini tidak mungkin terselesaikan tanpa perlu komunikasi yang tepat dengan pihak terkait.