Sebutkan 5 perangkat keras yang biasa ada pada jaringan komputer?

perangkat keras atau hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak atau software yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
setelah mengetahui pengertian dari perangkat keras, sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan?

Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras.

5 perangkat keras jaringan antara lain:

  1. HUB
    HUB merupakan salah satu hardware jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus, tetapi pada HUB memiliki kekurangan karena tidak dapat menyimpan MAC Address sehingga dalam transfer data, data dikirim secara broadcast dan itu mengurangi kecepatan transfer. HUB dalam layer OSI berada pada layer physical.

  2. Switch
    Switch merupakan sebuah alat yang berfungsi seperti HUB, tetapi Switch memiliki kelebihan untuk menyimpan MAC Address sehingga dalam mentransfer data, data tidak dibroadcast tetapi langsung dikirim ke alamat yang dituju.

  3. Bridge
    Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan yang berbeda atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber.

  4. Router
    Router adalah sebuah alat yang biasa disebut “jembatan”. Mengapa disebut jembatan? Karena pada fungsinya, router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih IP yang berbeda. Ada 2 jenis Router yaitu PC Router dan Router.

  5. Access Point
    Access Point atau yang lebih dikenal dengan AP adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client-server. AP merupakan sebuah alat utama yang digunakan untuk membuat sebuah hotspot. AP menggunakn frekuensi 2.4 GHz.

sumber
http://gurupintar.com/threads/sebutkan-lima-perangkat-keras-jaringan-dan-jelaskan-secara-rinci-satu-persatu.4205/

1. Komputer Server
image

Perangkat keras komputer pertama yang merupakan perangkat penting dalam jaringan komputer adalah sever. Server merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, karena server merupakan pusat dari jaringan komputer. Semua data penting yang nantinya akan disebarkan melalui jaringan internet semuanya berada pada komputer server. Komputer server ini nantinya akan saling terhubung dengan komputer – komputer client, yang dapat mengakses data dari server tersebut.

Fungsi utama dari server adalah sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan oleh jaringan. Semua data tersebut akan ditransmisikan melalui sistem jaringan agar nantinya dapat sampai ke komputer client. Kecanggihan fungsi CPU pada komputer server ini sangat penting dalam menunjang keandalan jaringan agar tidak terjadi komputer sering hang.

2. Komputer user atau client

image
Perangkat keras dalam jaringan komputer yang kedua adalah komputer client atau user, sering juga dkenal dengan istilah terminal ataupun workstation. Secara umum, komputer client ini merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server.
Ibarat rantai makanan di dalam ilmu ekologi, komputer server adalah tanaman penyedia makanan, sedangkan komputer client adalah hewan yang memakan hasil buah dari tanaman tersebut. Artinya, komputer client ini di tugaskan untuk menarik data yang ada di komputer server.
Komputer client yang sudah terhubung ke dalam jaringan, akan dapat memperoleh informasi dan juga akses terhadap komputer server. Komputer client ini dioperasikan secara manual oleh usernya, yaitu manusia untuk berbagai macam kebutuhan, seperti mencari data, bermain game online, ataupun keperluan lainnya.

3. Bridge
image

Bridge memiliki fungsi utama untuk menjembatani jaringan. Maksud dari menjembatani jaringan adalah bridge dapat menggabungkan lebih dari satu jaringan lokal ke dalam satu jaringan lokal yang lebih luas, ataupun sebaliknya, memecah satu jaringan lokal / LAN yang luas menjadi beberapa jaringan lokal yang lebih kecil. Selain itu, bridge juga dapat menjadi penghubung antar dua atau lebih jaringan lokal dengan topologi jaringan yang berbeda – beda.
Fungsi bridge akan sangat terasa apabila anda berada di dalam lingkungan instansi besar, yang terdiri dari beberapa ruangan kantor atau divisi yang letak gedungnya berjauhan. Seluruh komputer antar gedung akan dapat tetap saling terhubung denngan satu jaringan LAN induk dengan menggunakan bridge.

4. Access Point
image

Acces point hanya digunakan untuk memancarkan sinyal wireless yang diterima dari router ataupun broadband untuk membuat suatu jaringan WLAN atau wireless area network. Fungsi ini jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan router, yang memiliki fungsi yang sangat kompleks dan banyak.
Adapun keunggulan Acces Point yaitu :
• Harga yang lebih murah
• Perawatan yang lebih mudah
• Bisa langsung tersambung dengan router ataupun broadband
• Sudah mendukung penggunaan wireless (yang saat ini access point jga sering kita kenal dengan istilah hotspot)
• Dapat digunakan dalam ruangan kecil hingga sedang

5. Kabel
image

Ketika berbicara mengenai jaringan, pastilah kita wajib memilki kabel. Ya, kabel berfungsi untuk membawa paket data dari server menuju client, tentunya dalam suatu jaringan yang bukan merupakan jaringan wireless.
Biasanya, kabel yang digunakan adalah jenis kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair, Coaxial, dan juga kabel Fiber Optic. Tentu saja penggunaan kabel dalam jaringan komputer sangat efisien, terutama ketika ingin membangun sebuah jaringan lokal, karena biaya yang lebih murah dibandingakn dengan perangkat wireless.

SUMBER :

Network Interface Card (NIC)

image

NIC memungkinkan PC Desktop maupun laptop untuk terkoneksi ke jaringan. NIC adalah sebuah papan sirkuit kecil yang tersambung dengan motherboard. Hampir sebagian besar motherboard komputer modern terintegrasi dengan chip ini, beberapa komputer lama menggunakan chip ini dalam bentuk expansion card.

Smartphone juga menggunakan chip GSM untuk tersambung dengan jaringan. Konsol game juga mengintegrasikan chip NIC agar konsol dapat terkoneksi dengan jaringan demi menambah fitur dari konsol itu sendiri (Multiplayer, Update, dll). Sedangkan di dalam laptop, terdapat dua jenis NIC yaitu Wired NIC (Ethernet) dan Wireless NIC (Wifi).

Modem

Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Modem dibutuhkan karena pada saat sebelum adanya koneksi broadband, untuk terkoneksi dengan internet perlu menyambungkan router dengan kabel telepon, dimana kabel telepon didesain untuk mentransmisi sinyal analog.

Setelah era koneksi broadband, muncullah mobile modem broadband yang bersifat portable, dimana modem ini berfungsi untuk mengoneksikan PC Dekstop, Laptop ataupun router ke jaringan broadband melalui ISP masing-masing vendor. Mobile modem bersifat stand-alone atau tidak membutuhkan perangkat lain untuk mengoneksikannya dengan ISP. Contoh vendor Mobile Modem yang terkenal adalah Smartfren dan ZTE.

Router

image

Router berfungsi untuk menjembatani koneksi jaringan, seperti namanya, router berfungsi untuk menentukan rute transmisi data agar packet data yang dikirimkan sampai pada tujuan. Di dalam sebuah router terintegrasi sebuah modem, port switch dan beberapa fitur lain untuk mempermudah konektivitas jaringan.

Router bisa membentuk LAN dengan menghubungkan perangkat di dalam gedung. Ini juga memungkinkan untuk menghubungkan bebeapa jaringan yang berbeda bersama-sama. Rumah dan bisnis menggunakan router untuk terhubung ke internet. Router yang sering digunakan pada saat ini memiliki konektivitas nirkabel (WiFi), (Router nirkabel sebenarnya adalah kombinasi router dan wireless switch).

Network Cable


Kabel jaringan adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat jaringan ke perangkat jaringan lain atau untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk berbagi printer, pemindai, dll. Penggunaan berbagai jenis kabel jaringan, seperti kabel koaksial, kabel serat optik, dan kabel twisted pair, tergantung pada lapisan fisik jaringan, topologi, dan ukuran. Perangkat dapat dipisahkan beberapa meter (misalnya melalui Ethernet) atau jarak yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi Internet).

Ada beberapa teknologi yang digunakan untuk koneksi jaringan. Kabel patch digunakan untuk jarak pendek di kantor dan lemari kabel. Kabel twisted pair atau coaxial digunakan di dalam gedung. Kabel serat optik digunakan untuk jarak jauh atau untuk penggunaan yang memerlukan bandwidth tinggi. Banyak instalasi menggunakan praktik pengkabelan terstruktur untuk meningkatkan kehandalan dan kemampuan pemeliharaan.

Firewall

image

Firewall adalah perangkat yang berfungsi sebagai backbone keamanan dalam suatu jaringan. Firewall memfilter akses-akses yang tidak terauthentikasi dan memblokirnya, sehingga jaringan kita aman dari serangan cyber criminal. Ada dua jenis firewall yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu firewall Software dan firewal hardware. Firewall hardware cenderung memberikan kinerja yang lebih baik, lebih mudah untuk mengelola dan mungkin menawarkan perlindungan lebih besar daripada firewall berbasis perangkat lunak di setiap perangkat pengguna.

Sumber :
https://www.igcseict.info/theory/4/hware/
https://www.bbc.co.uk/education/guides/zh4whyc/revision/7
https://www.pcmag.com/encyclopedia/term/57774/hardware-firewall
https://en.wikipedia.org/wiki/Networking_cables
https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_broadband_modem

Perangkat keras jaringan memiliki fungsi untuk berbagi file atau data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui media perangkat jaringan. Ini merupakan beberapa perangkat keras jaringan komputer :

  1. Repeater
    Pengertian Repearter adalah Alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer.
    a) Memperluas Jangkauan Sinyal Server
    Jadi,apabila sebuah server memakai repeater maka sinyalnya akan dapat diakses dalam jarak yang lebih jauh oleh perangkat lain dan bisa mengakses paket data dari server.
    b) Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi
    maka banyak perangkat yang lebih mudah dalam mengakses wifi karena jaringan sudah diperkuat dengan menggunakan repeater.
    c) Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan
    jadi kita tidak perlu susah-susah menyambungkan kabel jaringan yang cukup banyak. Itu karena repeater memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data

  2. Modem ( Modulator Demodulator )
    Modem merupakan perangkat keras yang dapat menghantarkan perubahan data sinyal menjadi analog untuk selanjutnya kembali menjadi data sinyal digital sehingga komputer dapat dijalankan.
    Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke user melalui media tertentu.Pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.
    Sedangkan demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

  3. Network Interface Card (NIC)
    Biasanya dikenal dengan istilah Lan Card. NIC adalah suatu kartu yang dapat menghubungkan Komputer dengan Jaringan LAN ( Local Area Network ) melalui koneksi kabel dan dipasang di salah satu slot pada motherboard komputer

  4. Connector Kabel
    Connector Kabel adalah suatu alat yang diapasang pada masing - masing ujung kabel Jaringan yang menghubungkan Adapter Network dengan kabel.
    Jenis-jenis Conector kabel :
    • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
    • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
    • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.

  5. Gateway
    Gateway adalah sebuah perangkat harware atau software yang digunakan untuk menjembatani komputer satu dengan komputer lainnya sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda
    Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

SUMBER:

  1. Hub
    Hub menghubungkan banyak komputer secara bersama dalam Local Area Network(LAN). Semua informasi yang dikirimkan ke Hub akan dikirimkan ke setiap port yang terdapat pada hub. Jadi jika kamu ingin mengirimkan informasi kepada salah satu komputer, tetapi total ada 5 komputer yang terhubung ke jaringan maka kelima komputer tersbut juga akan menerima informasi tersebut.

  2. Switch
    Sama seperti hub, switch adalah alat penghubung antar user yang menghubungkan komputer satu sama lain. Perbedaannya dengan hub adalah ketika menerima paket data switch dapat menentukan komputer atau perangkat mana yang dituju oleh paket data tersebut. Sehingga kita dapat mengirimkan data dengan spesifik ke satu komputer atau perangkat yang kita tuju.

  3. Router
    Router sedikit berbeda dengan hub dan switch karena memiliki fungsi utama yaitu untuk memberi rute kepada paket data. Router adalah perangkat yang mengirimkan paket data antar jaringan. Paket data yang juga memuat alamat tujuan, router menggunakan alamat ini untuk mengirimkan paket data tersebut. Router sering dijumpai di rumah dan kantor karena dapat menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain termasuk jaringan internet.

  4. Network card
    Disebut juga Network Interface Cards (NICs) adalah perangkat keras yang menghubungkan komputer dengan jaringan. Perngkat ini dipasang pada motherboard. Perangkat ini yang bertanggung jawab untuk membangun koneksi fisik antara jaringan dengan komputer. Fungsi perangkat ini yaitu menerjemahkan Data komputer menjadi sinyal elektrik lalu mengirimkannya ke jaringan.

  5. Modem
    Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Perangkat ini yang menkonversi sinyal digital komputer menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan via saluran telepon. Modem juga bertugas menerima sinyal analog lalu mengubahnya kembali menjadi sinyal digital agar dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Modem ada dua macam, yaitu modem eksternal dan internal.

Sumber.

Jaringan Komputer terbagi menjadi 2 (dua):

  1. Wired (Kabel)
    Untuk kabel sendiri ada beberapa jenis, yang biasa dipakai oleh operator internet seperti Indiehome,
    MyRepublic dan sejenisnya menggunakan kabel FO (Fiber Optic), sedangkan yang digunakan di End user seperti kita kebanyakan menggunakan kabel UTP dengan RJ-45 sebagai konektor.

  2. Wireless (Nirkabel)
    Sedangkan untuk nirkabel, ada beberapa yaitu sinyal bluetooth, sinyal wifi dsb.

Untuk perangkatnya yaitu:

  1. Switch (Sebagai pembagi jaringan LAN)
  2. Router (Sebagai pengelola lalulintas dari LAN Jaringan Lokal ke Internet dan sebaliknya)
  3. Modul LAN Adaptor (Untuk penerima jaringan LAN) biasa disebut NIC Card
  4. Kabel UTP Kategori 5E dan beserta RJ-45nya
  5. Wifi Broadcaster (Untuk pemancar sinyal Jaringan secara nirkabel)