Seberapa pentingkah penggunaan gadget bagi para pejabat?


(Andika Fatimah Az-Zahara) #1

Seberapa penting penggunaan gadget bagi para pejabat?
karna dapat dilihat bahwa banyak para pejabat yang memiliki dan menggunakan akun-akun di media social, apa tanggapan anda?


(Rendra Pranadipa) #2

Menurut saya, pada zaman teknologi informasi yang semakin canggih seperti saat ini kehidupan kita tidak akan dapat dipisahkan denganan gadget, karena dengan gadget dapat memudahkan kita dalam mengoprasikan banyak aplikasi seperti contohnya sosial media.

Gadget yang akan dibahas adalah alat telekomunikasi seperti smart phone, semakin berkembangnya industri smart phone membuat para pembuat software semakin gencar pula menelurkan aplikasi-aplikasi andalannya untuk memudahkan pengguna dalam segala hal termasuk menggunakan media sosial.

Berbicara tentang sosial media, hampir semua pemilik smart phone tidak lepas dari penggunaa sosial media. dikutip dari laman texnologger.com, Sekitar 2 miliar orang menggunakan sosial media secara aktif setiap bulannya, dimana Facebook menjadi aplikasi favorit dengan pengguna aktif perbulannya sebanyak 1,5 miliar[1]. dari catatan tersebut terbukti bahwa sosial media tidak dapat dipisahkan dari pengguna smart phone.

Lalu bagaimana dengan pejabat yang menggunakan gadget? saya berpendapat bahwa jika penggunaan gadget tersebut masih dalam tahap kewajaran atau bahkan dapat membantu tugas-tugas mereka, maka akan sangat baik dampaknya. Seperti dikutip dari laman harianpilar.com, Semua pejabat diwajibkan memiliki akun media sosial[2], hal ini bertujuan untuk membantu warga jika akan bertanya sesuatu hal dapat langsung menyampaikannya ke akun media sosial pejabat yang bersangkutan, hal ini sangat baik diterapkan. disatu sisi membantu pejabat dalam menyelesaikan tugasnya sebagai wakir rakyat, di sisi lain membantu warga untuk berkomunikasi secara langsung dengan waktu yang cenderung lebih cepat.

Tetapi memang tidak semua pejabat menerapkan hal ini, masih sangat banyak pula pejabat yang menggunakan smart phone tidak pada waktunya seperti ketika acara sidang berlangsung. Hal ini banyak kita dengar berita nya, bahwa ada beberapa pejabat yang tertangkap kamera sedang bermain gadget ketikan sidang sedang berlangsung. Hal ini tentu merugikan dia sendiri bahkan merugikan rakyat. Karena mereka dipilih untuk mengatur kebaikan rakyat tetapi malah sibuk bermain gadget.

kesimpulannya adalah, lebih baik jika pejabat menggunakan gadget dan sosial media untuk kepentingan masyarakat. Bagaimana caranya? mungkin salah satu cara nya adalah dari kepala daerahnya yang menerapkan langsung dan di ikuti oleh anak buahnya. Tetapi kepala daerah pun harus pandai dalam mengatur Anak buahnya agar tidak asal-asalan dalam menggunakan gadget dan media sosial.

Mohon maaf jika jawabannya kurang jelas. Silahkan berkomentar dibawah untuk membahas topik ini.

Sumber:
[1]. texnologger.com
[2]. harianpilar.com