Seberapa pentingkah pendidkan literasi ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini?

baca-buku3

Membaca adalah hal penting yang harus selalu ditanamkan dengan baik dalam diri setiap orang agar menjadi kebiasaan yang baik. Pepatah bilang membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca kita dapat mendapatkan informasi yang beragam. Untuk itu beberapa praktisi pendidikan gencar mencanangkan program pendidikan literasi agar tidak hanya pintar dalam bidang akademik tetapi juga memiliki pola pikir kritis dan logis.

Indonesia memiliki banyak ragam buku bacaan menarik, tapi sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan minat membaca yang tinggi. Maka dari itu, menurut para Youdics seberapa penting pendidikan literasi ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini? Lalu bagaimana cara Youdics agar bisa terus menanamkan dan menumbuhkan semangat minat membaca bagi anak-anak? Yuk kita sharing…

1 Like

Salah satu hal yang harus dipahami dan dimengerti adalah kemampuan literasi informasi. US National Commision on Library and Information Science mendefinisikan literasi informasi sebagai seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, menyusun dan secara efektif menciptakan pengetahuan baru, memanfaatkannya serta mengkomunikasikannya dalam rangkaian pemecahan masalah yang sedang dihadapinya. Kemampuan ini sangat diperlukan meskipun untuk anak usia dini. Alasan kenapa literasi sangat penting (ALA : 2012) khususnya bagi anak yang masih berusia dini :

  1. Anak jadi mengerti cara belajar yang baik dan benar,
  2. Anak dapat mengembangkan kemampuan dasar dan dapat dikembangkan untuk menjadikan kegiatan belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan
  3. Anak dapat belajar menggunakan berbagai macam jenis informasi sesuai kebutuhannya dengan tepat dan tahu bagaimana mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Anak dapat ditujukan dan diarahkan untuk bisa mandiri dan dewasa
  5. Anak siap menghadapi beragam informasi yang dibutuhkan seiring dengan perubahan masa dan kurikulum
  6. Anak disiapkan menjadi warga negara yang bertanggung jawab

Referensi : Riady Yasir. 2013. LITERASI INFORMASI SEJAK DINI: PENGETAHUAN BARU BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 8(2), 161.

menurut aku pendidikan literasi ini penting banget untuk ditanamkan anak-anak sejak usia dini mengingat minta baca di Indonesia ini sangat rendah sekali. Jadi untuk para orang tua sebaiknya tanamkan kebiasan membaca kepada anaknya sejak usia dini. Manfaat menanamkan pendidikan literasi pada anak itu sangat banyak sekali, diantaranya melatih kemampuan dan mengenalkan anak membaca, menulis dan berhitung sejak dini. Survei yang dilakukan oleh salah satu divisi Kementerian Pendidikan Amerika Serikat menunjukkan bahwa balita yang terbiasa dibacakan buku oleh orang tua mereka bisa lebih cepat mengenal abjad.
Mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak dan tentunya pola pikir kritis ini diperlukan sebagai investasi yang akan berguna saat anak mulai memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang.Selain itu, manfaat yang didapat adalah mempersiapkan anak untuk masuk sekolah dan dengan perkembangan literasi yang baik ini tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan akademik anak.