Dalam berkomunikasi mungkin kita sering mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaan serta pendapat kepada orang lain. Kadang kita merasa tidak enak saat akan mengucapkan suatu pendapat kepada rekan kerja atau tim saat dalam suatu pertemuan/ meeting. Rasa tidak enak tersebut muncul karena takut menyakiti perasaan orang lain atau bahkan menghakimi secara tidak langsung. Permasalahan tersebut biasanya berkaitan dengan keterampilan komunikasi asertif.
Secara umum asertif adalah kemampuan untuk menyampaikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain tanpa bermaksud menyerang orang lain. Perilaku asertif adalah perilaku individu untuk mengungkapkan keinginan, kebutuhan, pikiran, perasaan, harapan, pendapat diri sendiri secara tegas dengan jujur, apa adanya dan sesuai dengan hal dan kewenangan individu tanpa melanggar hak orang lain. Komunikasi asertif juga memperlihatkan kepeduliannya terhadap hak-hak orang lain dan memiliki kecakapan untuk menyelesaikan konflik, tanpa menjadi agresif. Sehingga, pesan yang disampaikan, bisa diterima dengan jelas, tanpa memancing respons negatif dari lawan bicara. Jadi komunikasi asertif penting digunakan dalam berkomunikasi.
Referensi
binus character building komunikasi asertif