Seberapa penting Pemimpin menghargai bawahannya?

Pemimpin

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menghargai orang lain dalam hal ini berarti menghargai bawahan. Apabila kita ingin dihargai oleh bawahan, maka kita harus bisa menghargai bawahan kita. Dengan demikian, bawahan kita tidak hanya sekedar takut terhadap kita, tapi akan timbul rasa segan terhadap pimpinan.

Orang mendefinisikan penghargaan terhadap karyawan dengan pandangan yang berbeda – beda. Hal tersebut menciptakan pengertian penghargaan yang berbeda – beda, diantaranya adalah sebagai berikut.

Penghargaan merupakan insentif yang mengaitkan bayaran atas dasar untuk dapat meningkatkan produktivitas para karyawan guna mencapai keunggulan yang kompetitif (Simamora, 2004:514).

Penghargaan dapat pula didefiniskan sebagai reward dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan (Mahmudi, 2005:89).

Penghargaan adalah kegiatan dimana organisasi menilai kontribusi karyawan dalam rangka untuk mendistribusikan penghargaan moneter dan non moneter cukup langsung dan tidak langsung dalam kemampuan organisasi untuk membayar berdasarkan peraturan hukum (Schuler,1987).

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut dapat saya simpulkan bahwa penghargaan adalah imbalan yang diberikan baik dalam dalam bentuk moneter dan non moneter yang diberikan oleh pihak organisasi ataupun perusahaan kepada anggota atau karyawannya agar mereka dapat bekerja dengan motivasi tinggi dan berprestasi dalam mencapai tujuan perusahaan atauoun organisasi.

Pemberian penghargaan atau reward penting karena dapat meningkatkan produktivitas dan mempertahankan karyawan yang berprestasi agar tetap loyal kepada perusahaan. Salah satu figur pemimpin yang dikenal menerapkan skill rewarding terhadap karyawannya adalah mantan Presiden Republik Indonesia, B.J.Habibie.

Bentuk penghargaan yang beliau berikan ialah penghargaan non-moneter. Beliau selalu berusaha memberikan kelengangan dan membiarkan bawahannya menyampaikan aspirasi mereka. Beliau pun berusaha untuk mengikuti ide – ide yang dikemukakan oleh bawahannya.

Kriteria keberhasilan reward berdasarkan kinerja dapat menghasilkan motivasi yang ideal apabila,

  • Pertama, reward yang diberikan mempunyai nilai (financial and nonfinancial reward).
  • Kedua reward mempunyai dampak yang cukup besar kepada karyawan, sehingga karyawan dapat termotivasi atas reward tersebut.
  • Ketiga, reward harus dapat dimengerti oleh karyawan. Sebagai karyawan, harus memahami alasan atau tujuan pemberian reward dengan harapan mampu memotivasi karyawan.
  • Keempat, pemberian reward harus tepat waktu dan diberikan sesegera mungkin setelah penilaian kinerja karyawan.
  • Kelima, efek dari reward dapat bertahan lama. Jika karyawan dapat merasakan efek yang ditimbulkan dari reward dan dapat bertahan lama, maka reward mempunyai nilai yang besar. Keenam, reward harus mempertimbangkan efisiensi biaya.

Pemberian reward berdasarkan kinerja berupa gaji tergolong dalam extrinsic reward, dimana reward tersebut berasal dari pekerjaan, tetapi bukan bagian dari pekerjaan. Contoh extrinsic reward lainnya berupa bonus, benefit, interpersonal rewards (pengakuan/status), dan promosi.

Ada pula intrinsic reward. Dikatakan intrinsic reward apabila perusahaan memberikan otoritas kepada karyawan untuk membuat keputusan sendiri yang dianggap penting dalam pencapaian target perusahaan, sehingga karyawan dapat merasa dihargai kemampuannya dalam pembuatan strategi.

Intrinsic reward merupakan bentuk reward yang dinilai seseorang yang berhubungan dengan pekerjaan (bagian dari pekerjaan itu sendiri). Intrinsic reward meliputi pemberian kesempatan pada pekerja untuk menyelesaikan suatu tugas dan mencapai tujuan tertentu, memberikan otonomi yang memungkinkan pekerja melakukan tindakan bebas terbaik dalam situasi tertentu, dan kesempatan bertumbuh.

Bisa dilihat bahwa apapun bentuknya, menghargai bawahan adalah sesuatu yang penting demi berjalannya dan terwujudnya tujuan utama perusahan ataupun organisasi. Dengan menghargai bawahan, bawahan akan merasakan bahwa posisi nya dalam sebuah perusahaan bukan hanya sekedar karyawan. Dengan demikian, karyawan akan terdorong untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan.

Sumber :

[details=Summary]1. http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-reward-atau-penghargaan.html
2. http://www.jtanzilco.com/blog/detail/8/slug/reward-and-punishment-system-sebagai-alat-motivasi-karyawan
3. http://infopalihmana.blogspot.co.id/2014/04/hal-yang-wajib-dimiliki-seorang-pemimpin.html
4. http://tugasmakalahkuliah.blogspot.co.id/2015/03/gaya-kepemimpinan-presiden-bj-habibie.html[/details]

1 Like