Seberapa Penting Kata Maaf, Tolong, dan Terima kasih Menurut Kamu?

Ketiga kata tersebut memang begitu familiar di telinga kita. Siapapun tentunya sepakat bahwa kata-kata tersebut dibiasakan untuk diucapkan dalam komunikasi sesama manusia. Kebanyakan orang percaya bahwa hadirnya kata maaf, tolong, dan terima kasih dapat menciptakan dampak positif bagi siapa saja yang mengucapkan dan mendengarkannya.

Menurut saya, ketiga kata diatas sangat penting diucapkan dalam interaksi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan masing-masing dari kata tersebut memiliki makna dan manfaat yang besar. Manfaat dari kata maaf ialah, munculnya rasa saling rendah hati dan tidak akan ada rasa kesombongan karena dengan mengungkapkan kata maaf kita merasa bahwa manusia tidak luput dari kesalahan.
Manfaat dari kata Tolong yaitu, membangun rasa saling menghargai dalam setiap diri individu dan tidak ada rasa saling diremehkan. Meminta tolong membuat orang lain merasa lebih dihargai dan dibutuhkan.

Sedangkan manfaat dari kata terima kasih yaitu, akan membangun rasa toleransi. Karena, dengan kata terimakasih kita dapat membiasakan rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama. Selain itu, berterima kasih memicu orang lain untuk berbuat baik lagi
Menurut Youdics, seberapa penting sih ketiga kata tersebut dalam kehidupan kalian?

Menurut saya pribadi ketika kata tersebut sangat penting dalam kehidupan saya. Dari ketiga kata tersebut, saya terkadang dapat menilai sikap dan perilaku dari seseorang. Menurut saya, ketiga kata tersebut merupakan hal wajib ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Tidak usah merasa ragu atau malu mengucapkan ketiga kata tersebut.

Tidak hanya bagi diri saya namun bagi siapapun individu, 3 hal ini adalah hal yang sangat penting. Perkataan dan perilaku maaf, tolong, serta terimakasih merupakan sebuah adab dasar dalam kehidupan bermasyarakat. Ketiganya merupakan bentuk hormat dan menghargai kepada sesama.

Ketika meminta dan menerima maaf artinya kita tidak sombong, rendah hati, serta berani untuk mengakui kesalahan yang sudah diperbuat sehingga hubungan dengan orang lain akan terjalin baik. Tolong-menolong sebagai bentuk bahwa manusia sosial tidak bisa hidup sendiri, setiap individu memiliki kekurangan untuk ditolong dan memiliki kelebihan untuk menolong individu lain bahkan lingkungan. Perkataan dan bentuk terima kasih merupakan perilaku menghargai individu lain serta rasa syukur, baik karena apa-siapa-dan bagaimana orang lain memperlakukan kita maupun syukur kepada Tuhan YME.

Sangat penting. Sebab pada kenyataannya sekarang ini kebanyakan orang enggan mengucapkannya, entah itu lupa atau memang sebuah kata yang dianggap sepele saja. Namun jika ditelaah dari kaidah bahasa sendiri kata-kata tersebut memnilik makna yang mendalam, untuk mengutarakan sebuah rasa terima kasih kepada seseorang atas apresiasinya telah membantu ataupun menyampaikan rasa penyesalan atau bersalah kepada orang lain. Dari sini seharusnya kita memahami dan sedikit melatih diri untuk bisa berbicara dengan menyelipkan kata-kata yang sekarang ini dianggap sepele dan dilupakan untuk diucapkan disetiap harinya.

Menurut saya, 3 kata ini merupakan basic manner yang perlu dimiliki setiap orang. Terbiasa menggunakan 3 kata ini dalam kehidupan sehari-hari menandakan bahwa kita menghargai orang lain. Dengan menghargai orang lain, kita juga akan dihargai oleh orang lain. Maka dari itu, sebenarnya hal ini perlu ditanamkan sejak kecil. Terbiasa menggunakan 3 kata ini juga berarti kita menyadari perilaku kita. Tahu apa yang perlu dan tidak dilakukan.
Namun, tentunya penggunaan 3 kata ini dalam porsi yang sewajarnya. Misalnya, tidak sedikit-sedikit minta maaf karena hal itu justru akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi lawan bicara.

Bagi saya pribadi, tiga kata tersebut merupakan hal penting yang bisa saya jadikan untuk menilai kepribadian seseorang. Karena tiga kata tersebut adalah salah satu cara dalam menghargai setiap orang dan dengan begitu saya juga berharap juga mereka akan menghargai saya. Intinya, saling bisa memberikan hormat dan mengapresiasi kebaikan orang lain.

Sangat penting. Saya merasa bahwa kata maaf, tolong, dan terima kasih digunakan sebagai bentuk menghargai orang lain. Saya pun yakin apabila setiap orang pasti memiliki keinginan untuk dihargai dan diperlakukan secara baik oleh orang lain. Tidak ada salahnya untuk memulai dengan membiasakan diri mengucap tolong, maaf, dan terima kasih.