Seberapa penting first impression bagi kalian?

image

Akan ada masanya kita akan bertemu dengan lingkungan yang baru, orang baru, dan dengan karakter yang baru pula. Bagi sebagian orang, memulai lagi semuanya dari awal, dalam artian membangun hubungan interpersonal yang baru, itu adalah hal yang cukup melelahkan. Banyak pertimbangan yang dilakukan dalam usaha ini untuk mendapatkan kenyamanan di hari-hari berikutnya. First impression atau kesan awal akhirnya menjadi salah satu kriteria yang digunakan untuk menilai seberapa cocok kita dengan seseorang. Menurut kalian, apakah first impression sangat penting saat bertemu dengan orang baru? Seberapa akurat kesan pertama kalian dibandingkan saat sudah mengenal seseorang tersebut lebih lama?

First impression sebenarnya tidak dapat dijadikan patokan untuk menilai apakah orang tersebut baik atau buruk karena tidak semua pertemuan terjadi dalam keadaan baik. Namun, first impression juga dapat menjadi pengalaman yang dibangun dalam memori seseorang. Sehingga, jika bertemu seseorang dalam keadaan baik apalagi dalam rangka untuk mengadakan kerja sama, sebaiknya kita berikan first impression yang baik kepada orang lain, namun tetap menjadi diri sendiri. Terkadang juga, ada beberapa individu yang merasa tidak ingin membangun hubungna interpersonal dengan orang lain sehingga kesan pertama yang diberikan kurang baik, jadi jika kita ingin membangun hubungan interpersonal, kita juga haeus melihat apakah ia juga memiliki pemikiran yang sama untuk membangun hubungan interpersonal.

Saya sendiri tidak terlalu mementingkan first impression, malah sebaliknya saya lebih mementingkan konsistensi dan prosesnya, karena saya sendiri bukan orang yang dapat menunjukkan keahlian saya dan pribadi saya dengan hanya first impression. Beberapa orang tidak bisa langsung dinilai pekerjaannya hanya dengan first impression. Teman-teman terbaik saya malah tidak begitu menarik pada first impressionnya ketika kita pertama kali bertemu, baru saya kenal dia betul ketika sudah beberapa lama mengikuti aktivitas bersama. Yang paling penting adalah jangan pernah ada firasat buruk ketika bertemu orang pertama kalinya, selalu bawa dengan mindset positif. Selalu jadi diri sendiri jangan mengikuti orang lain.

1 Like

tidak terlalu penting, tetapi first impression bisa memberikan kesan awal yang akan membekas sampai waktu yang lama. First impression hanya kesan awal, dan biasanya bersifat cukup subjektif karena kita melihat dan menilai apa yang kita lihat pertama kali. Ketika sudah mengenal seseorang secara mendalam, kita akan bisa mengenali secara subjektif maupun objektif sehingga penilaian kita akan bisa lebih dalam terhadap orang tersebut. Kesimpulannya, first impression hanya kesan awal dan bisa berubah seiring dengan semakin sering kita berinteraksi dengan individu tersebut.

Kalau untuk Saya sendiri first impression ini cukup penting, ya meskipun banyak yang berpendapat bahwa yang penting itu kompetensi dan prosesnya atau apalah itu. Saya akui bahwa orang yang dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada lawan bicara adalah orang yang pintar. Meskipun, apa yang mereka tampilkan nantinya akan berbeda seiring waktu kita mengenal dia. Jika, kesan pertama tidak penting, lalu mengapa saat ada wawancara kerja orang yang memakai pakaian yang sesuai akan berbeda dengan orang yang memakai pakaian asal-asalan.

Bahkan, selain kesan visual kesan dari bagaimana kita berbicara dan gerak gerik kita juga sangat penting. Intinya, masih banyak manusia yang melihat bagaimana cara manusia berbicara pertama kali kepada mereka. Karena nantinya, kesan pertama ini akan terus melekat meskipun di persepsi manusia yang akan kita temui. Jadi, pastikan anda bisa memberikan kesan pertama yang baik terhadap seseorang.

1 Like

Kalau menurutku sendiri, first impression itu hal yang sangat penting. Untuk membangun hal tersebut butuh effort yang lebih dari biasanya walaupun sebenernya beberapa orang mungkin tidak peduli. First impression bisa dijadiin sebagai bahan pertimbangan, terkadang orang suka malas untuk berinteraksi lagi kalau first impression orang lain terhadap kita kurang baik. Menurutku pribadi, first impression yang biasanya aku nilai dari diri seseorang yaitu melalui sikap. Tidak peduli warna kulit, pakaian, bentuk fisik mereka kalau mereka baik saya juga akan baik. Jujur, kadang gaenak kalau ketemu orang yang cantik, ganteng, rapih, tapi kurang ramah dan jutek dengan orang lain. Dalam hal ini, yang terpenting itu adalah membangun sikap yang baik terhadap orang lain