Seberapa maksimalnya pendidikan karakter terhadap remaja di Indonesia?

https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fbem.rema.upi.edu%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2F11.png&imgrefurl=http%3A%2F%2Fbem.rema.upi.edu%2Ffakta-dibalik-anak-indonesia-indonesia-gawat-darurat-pendidikan-karakter%2F&tbnid=xNo9P5tYNzRUiM&vet=12ahUKEwiIrqm_uLXwAhUJBLcAHYmCBsIQMyhOegUIARCSAQ..i&docid=bNjE7LtlQR1TTM&w=554&h=439&q=pendidikan%20karakter&safe=strict&ved=2ahUKEwiIrqm_uLXwAhUJBLcAHYmCBsIQMyhOegUIARCSAQ

Terdapat beberapa aspek dalam menilai suksesnya seorang pendidik dalam mendidik karakter. Salah satunya ialah membuat pribadi seorang remaja menjadi karakter yang bertanggung jawab. Karena sejatinya seorang dewasa ialah manusia yang harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun orang-orang di sekelilingnya yang dipimpin.

kegiatan pendidikan karakter tidaklah cukup jika hanya sekadar teori namun tanpa sebuah praktek atau role model yang baik di lingkungan sekitarnya. Jika hanya dipelajari dengan teori maka para murid hanya mendengar doktrin tanpa bisa mencontoh dengan maksimal

Disini tedapat beberapa tempat yang menurut saya dapat memaksimalkan pendidikan karakter bagi remaja, yaitu pendidikan di dalam lingkup pondok pesantren. karena di dalam pondok pesantren, apapun yang kita lihat, dengar, maupun yang kita rasakan merupakan sebuah pendidikan. Moral yang diajarkan para kyai sangat kental dan masuk ke jiwa para santri dengan baik, dan diikuti dengan lingkungan yang mendukung.

Sistem pendidikan karakter inilah yang menurut saya bisa menjadi percontohan di sekolah luar agar para remaja negara kita tidak hanya cerdas, namun memiliki etiket serta adab yang baik di dalam jiwa dan karakter dirinya. Bagaimana menurut kalian jika sistem pendidikan karakter di pesantren di terapkan di sekolah luar? Apakah dengan lingkungan sekolah luar dapat mendukung hal tersebut, atau malah menolak hal tersebut sehingga remaja menjadi semakin buruk dan tidak baik dalam bermoral?