Seberapa jauh ruang lingkup pembahasan Keilmuan Sastra?


(dummy_vk) #1

image

Sastra merupakan sebuah fokus ilmu yang sarat akan nilai dan sejarah. tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sejarah manusia yang dimulai dengan sastra.


(Vallian Kautsar) #2

Sastra sebagai ilmu, memiliki cakupan pembahasan yang cukup luas. Sastra sendiri memiliki beberapa bentuk atau jenis. Studi sastra mempunyai tiga genre, yaitu teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra.

  1. Teori Sastra (Theory of Literature): kaidah-kaidah untuk diterapkan dalam analisis karya sastra.

  2. Kritik Sastra (Literary Criticism): penerapan kaidah-kaidah, rambu-rambu, atau teori-teori tertentu dalam analisis karya sastra, seperti teori New Criticism, strukturalisme, psikoanalisa, dll. Kritik sastra lahir pada abad keenam belas atau ketujuh belas.

  3. Sejarah Sastra (History of Literature): sejarah perkembangan sastra yang mungkin meliputi aliran-aliran dalam penulisan karya sastra (misalnya klasisme, romantisisme, realisme, dll dalam sastra nusantara), periodisasi sastra, dll).

Ruang lingkup sastra adalah kreativitas penciptaan sastra. Secara umum, yang dimaksudkan dengan teori adalah suatu sistem ilmiah atau pengetahuan sistematik yang menetapkan pola pengaturan hubungan antara gejala-gejala yang diamati. Teori berisi konsep atau uraian tentang hukum-hukum umum suatu objek ilmu pengetahuan dari sudut pandang tertentu. Suatu teori dapat dideduksi secara logis dan dicek kebenarannya atau dibantah kesahihannya pada objek atau gejala yang diamati tersebut.

Sastra sebagai cabang dari seni yang merupakan unsur integral dari kebudayaan usianya sudah cukup tua. Sastra telah menjadi bagian dari pengalaman hidup manusia sejak dahulu, baik dari aspek manusia sebagai penciptanya maupun aspek manusia sebagai penikmatnya. Bagi manusia sebagai pencipta karya sastra, dalam hal ini pengarang dalam sastra tulis dan pawang atau pelipur lara dalam sastra lisan, karya sastra merupakan curahan pengalaman batinnya tentang fenomena kehidupan sosial dan budaya masyarakat pada masanya. Ia juga merupakan ungkapan peristiwa, ide, gagasan, serta nilai-nilai kehidupan yang diamanatkan di dalamnya. Sastra mempersoalkan manusia dalam segala aspek kehidupannya sehingga karya itu berguna untuk mengenal manusia dan budayanya dalam kurun waktu tertentu.