Seberapa Efektifkah Mengatur Waktu dengan Metode Time Blocking?

time-blocking

Saat pekerjaan menumpuk terkadang kita malah panik dan bingung mau mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Tidak fokus dalam mengerjakan tugas, saat sedang mengerjakan satu tugas tiba-tiba terpikir ke tugas lain yang belum selesai. Time Blocking salah satu metode terbaik yang dapat digunakan untuk menerapkan manajemen waktu yang baik.

Time Blocking adalah metode manajemen waktu dan format penjadwalan untuk meningkatkan produktivitas melalui fokus menyelesaikan pekerjaan secara spesifik dengan membagi waktu yang kita miliki dalam satu hari menjadi blok-blok kecil. Metode ini dirancang untuk kita dapat fokus dalam satu tugas pada satu waktu bukan mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu (multitasking) yang dinilai kurang efektif. Dengan metode time blocking pekerjaan dapat diselesaikan tanpa terdistraksi dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Menurut youdics, seberapa efektifkah mengatur waktu dengan metode Time Blocking?

4 Likes

Metode Time Blocking merupakan metode yang bagus dalam mengatur waktu, karena membagi waktu dengan lebih detail. Kesulitannya disini, apabila belum terbiasa atau belum pernah melakukan metode Time Blocking ini akan merasa terkejar oleh waktu. Selain itu, bisa jadi dalam rentan waktu time blocking kita tidak bisa menyesuaikan dengan kegiatan entah karena badmood dan acara dadakan lalu waktu menjadi bergeser dan berantakan. Aku sendiri belum terbiasa dengan metode time blocking. Mungkin baru time blocking rapat, nugas, ataupun hal-hal yang mendesak saja yang sifatnya harian, belum terlalu detail untuk yang kegiatan lainnya. Dulu pernah membuat time blocking detail namun hanya berjalan beberapa hari saja, belum konsisten menyesuaikan time blocking detail keseluruhan. Mungkin kalau disini ada temen-temen yang sudah terbiasa dengan time blocking detail bisa minta tipsnyaa, supaya tetap konsisten juga melakukan kegiatan berdasarkan time blocking dengan menyenangkan.

1 Like