Seberapa Efektif Dating Apps untuk Mencari Jodoh?

Aplikasi kencan online atau sering disebut Dating Apps merupakan sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan teman, pasangan, hingga teman kencan dengan berkenalan menggunakan fitur chat, aplikasi ini juga memperlihatkan identitas singkat dari masing-masing pengguna. Berikut merupakan aplikasi kencan online yang cukup terkenal di Indonesia seperti Tinder, Bumble, Tantan, Setipe, Okcupid, Badoo dan Coffee Meets Bagel dan lainnya.

Berkencan daring merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Jika digunakan dengan bijak, aplikasi ini akan membawa dampak positif seperti memperluas jangkauan pertemanan dan menambah teman ketika ingin berinteraksi dengan stranger. Namun kendati demikian, menurut David Jacoby selaku Peneliti keamanan Kaspersky, ia menjelaskan bahwa aplikasi ini juga dapat dianggap sebagai petualangan yang berisiko, karena pada awal perkenalan pengguna tidak mengetahui informasi apapun tentang satu sama lain karena bisa saja user menggunakan nama samaran. Lebih lanjut, David mengatakan bahwa aplikasi sejenis ini rentan terhadap penipuan, sehingga pengguna diharap tetap waspada dan memperhatikan beberapa tanda bahaya dalam memggunakan aplikasi digital Dating Apps tersebut, Ia juga menyarankan untuk memeriksa kembali pengaturan privasi di seluruh akun media sosial termasuk aplikasi kencan untuk memastikan informasi sensitif, seperti alamat rumah atau tempat kerja tidak dipublikasikan.

Menurut Stefan Ruzas, untuk melindungi diri sendiri saat menggunakan aplikasi ini, sangat diperlukan kehati-hatian yang besar, jika diikuti perasaan tidak nyaman yang berkelanjutan, hubungan tersebut harus segera diakhiri.

Berdasarkan survei global Kaspersky, baru-baru ini mencatat sebanyak 38% responden takut menggunakan aplikasi kencan dengan takut menjadi korban penipuan. 34% responden menyatakan bahwa tidak mempercayai orang-orang dalam aplikasi kencan. Sebanyak 15% responden menjadi sasaran pelaku kejahatan siber, dan 31% responden yang mengontak para penipu berhasil menghindari serangan. Jadi, bagaimana pendapat kalian mengenai Dating Apps ini?

Referensi
https://www.google.com/amp/s/techno.okezone.com/amp/2021/08/06/57/2451852/38-persen-orang-ogah-pakai-dating-app-takut-ditipu[