Seberapa Besar Teknologi Sudah Mengubah Hidup Kita?

teknologi

(DianHerbayu) #1

teknologi mengubah hidup manusia , sebenarnya teknologi lahir dan berkembang karena adanya masalah, sehingga diciptakanlah teknologi yang mampu memecahkan masalah tersebut.
Sebagai contoh adalah susahnya mencari kendaraan yang nyaman, membuat lahirnya transportasi yang bisa dipesan secara online.Atau contoh lain seperti belanja yang saat ini bisa dipesan dan dibayar secara online.
Teknologi tersebut lahir dan dikembangkan oleh sebuah perusaan kecil yang dinamakan olehstartup digital. Di mana startup digital tersebut lahir dan coba mengembangkan dan memecahkan masalah yang ada lewat teknologi ciptaannya.


(Ghany Abdillah Ersa) #2

di zaman kerajaan bahwasanya raja harus mengirimkan pesan lewat prajuritnya untuk menyampaikan kabar, baik kabar kepada kerajaan lain ataupun kepada rakyatnya dan itu pun memerlukan jarak waktu yang panjang. berbeda halnya dengan sekarang, Mark Zuckerberg adalah miliarder muda yang merupakan maestro pembuat Facebook. Jerry Yang Chih-Yuan si pembuat yahoo, Jack Dorse pembuat twitter. Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Kari penemu Youtube. Di era ini betapa dasyatnya perubahan komunikasi yang dilakukan dengan munculnya Facebook,twitter,yahoo, youtube,dan lainnya. tidak hanya kalangan masyarakat saja yang merasakan dampak dari temuan-temuan ini bahkan Lembaga pemerintahan pun ikut andil dalam perkembangan sosial media didunia maya, berkirim kabar dan berita yang bisa dibuat sesuai kebutuhan, tanpa perlu keluar rumah. hal ini menjadi suatu contoh perubahan besar dengan bergesernya peradaban persuratan kerajaan ke sosial media seperti sekarang ini.

dari contoh kecil ini, sedikit perubahan untuk mengatasi persuratan saja sudah dapat mengubah elemen-elemen lain yang ikut didalamnya. Teknologi sekarang sudah menjadi kunci utama dalam segala bidang dan tidak bisa di elakkan bahwa kita tidak akan bisa apa-apa tanpa teknologi.


(Bunga asmara) #3

Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek. sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas.
Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.{mospagebreak} Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang


(Mohammad Khaufillah) #4

Teknologi informasi sudah menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan manusia di era modern ini. tidak terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa kehidupan manusia sangat bergantung pada perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi ini disadari atau tidak lambat laun juga mempengaruhi kualitas hidup manusia. tentu saja amat berbeda kehidupan manusia saat ini dengan kehidupan manusia sepuluh tahun yang lalu. Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh yang amat besar dalam kehidupan manusia. apa yang dahulu sangat sulit dilakukan dan membutuhkan waktu lama, saat ini akan begitu mudah dilakukan dan cepat dengan bantuan perangkat teknologi yang ada. Kata kunci yang tercakup dalam teknologi informasi dan komunikasi adalah praktis, mudah, dan cepat.