Seberapa besar manfaat manajemen risiko untuk perusahaan yang sedang berkembang pada saat ini ?

Manajemen risiko merupakan suatu cara untuk meminimalkan risiko yang akan dialami oleh sebuah perusahaan. Perusahaan yang masih berkembang akan fokus pada berbagai hal untuk mengembangkan perusahaannya seperti fokus pada pemasaran produk, fokus dengan kompetitor dan masih banyak yang lainnya.

Lantas seberapa besar manfaat manajemen risiko untuk perusahaan yang sedang berkembang pada saat ini ?

Perusahaan yang baru saja berkembang tentulah sangat membutuhkan manajemen resiko, karena manajemen resiko membantu perusahaan untuk meminimalisir kegagalan atau kesalahan yang akan terjadi sehingga kerugian yang disebabkan tidak akan menyulitkan perusahaan. Berikut ini akan saya jelaskan manfaat detail manajemen risiko untuk perusahaan yang sedang berkembang :

1. Dapat melihat resiko yang tidak nampak.
Banyak risiko nyata yang dihadapi organisasi tidak dapat diambil dari buku maupun teori manajemen. Program pengelolaan risiko dan pencegahan yang komprehensif memanfaatkan tim ahli untuk mengidentifikasi dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang semua jenis risiko.

2. Menyediakan pedoman untuk membantu perumusan masalah
Dengan adanya manajemen risiko maka akan menciptakan pedoman-pedoman untuk membantu perusahaan yang sedang berkembang untuk merumuskan masalah-masalah yang ada dan kemudian mencari solusi dari masalah yang telah dirumuskan. Sehingga ketika terjadi masalah yang serupa perusahaan sudah memiliki pedoman untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Memudahkan dalam melakukan estimasi biaya
Dengan adanya manajemen risiko perusahaan akan tahu berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan jika risiko tersebut muncul, sehingga anggaran untuk risiko sudah diprediksi dan tidak akan mengganggu anggaran biaya lainnya jika saja sewaktu-waktu risiko tersebut terjadi.

4. Dapat memberikan wawasan dan dukungan kepada Direksi.
Anggota dewan mungkin merasa sulit untuk mengidentifikasi risiko di luar bidang keahlian dan pengalaman mereka. Menyediakan sumber daya dan layanan konsultasi kepada Dewan dan komite yang dituntut dengan manajemen risiko akan membuat mereka lebih mampu melaksanakan tugasnya.

5. Mendapatkan kredit/pinjaman untuk kerja sama.
Banyak badan pengatur memiliki kebijakan di mana mereka “memberi kredit” kepada perusahaan yang diteliti karena memiliki kepatuhan atau program pencegahan risiko. Meskipun tidak mungkin untuk menghindari risiko, tetapi perusahaan pemberi pinjaman untuk kerjasama ingin melihat bahwa perusahaan bisa menangani risiko dengan kemampuan yang baik dan tepat.

6. Investor akan semakin yakin dengan perusahaan yang baru berkembang
Investor akan semakin melihat risiko sebagai pertanggungjawaban bisnis. Dengan adanya kemampuan memanajemen risiko dengan baik investor akan semakin yakin untuk menginvestasikan uangnya ke perusahaan yang baru saja berkembang.

Referensi :