Seberapa banyakkah data yang dihasilkan setiap waktunya?

Dilihat dari banyaknya data di dunia ini, tentu timbulah sebuah pertanyaan sebanyak apakah data yang dihasilkan didunia ini setiap waktunya?

Pernahkah terbayangkan dibenak anda bahwa seberapa banyak data yang telah ditampung di dunia ini? Dan akankah data tersebut mencapai batasnya? tentu saja ini menjadi sebuah pertanyaan besar, seberapa banyak data yang dapat ditampung di dunia ini.Namun, pertanyaan sesungguhnya adalah seberapa banyakkah data yang dihasilkan tiap waktunya? Tentu ini yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Sains mengatakan bahwa jumlah maksimum sebuah data yang bisa ditampung dalam ruang waktu yang diberikan adalah dengan mengukurnya menggunakan Bekenstein Bound.

Namun, Data yang dihasilkan tiap waktunya itu sangatlah besar jumlahnya.

17_domo_data-never-sleeps-5

Sembilan puluh persen data di dunia saat ini telah diciptakan dalam dua tahun terakhir saja. Output data saat ini kira-kira 2,5 quintillion bytes per hari. Seiring dunia terus menjadi lebih terhubung dengan jumlah perangkat elektronik yang terus meningkat, hal itu hanya akan tumbuh dalam tahun-tahun depan.

Domo baru saja merilis infografis tahunan kelima mereka ke data generasi dunia dan perilaku online, yang disebut “Data Never Sleeps 5.0.” Anda dapat melihat infografis mereka dari tahun 2016 di sini demi perbandingan.

Secara keseluruhan, populasi Internet telah tumbuh sebesar 7,5 persen sejak 2016 dan sekarang mencakup lebih dari 3,7 miliar manusia. Dalam hal penggunaan data, itu sangat sulit. Rata-rata, AS sendiri meludahkan 2.657.700 gigabyte data internet setiap menitnya.

Pertumbuhan platform dan layanan media berbasis internet mengalami hari mereka di bawah sinar matahari, namun tidak semua. Amazon, YouTube, dan Netflix adalah beberapa pengguna bandwidth internet terbesar. Sementara Amazon menikmati rekor keuntungan (sekitar 258.751 penjualan per menit, naik dari 222,283 tahun lalu) dan YouTube streaming lebih dari sebelumnya (4,14 juta video ditonton per menit), Netflix telah melihat penurunan 20 persen dalam jumlah “jam” mereka pemirsa menonton pertunjukkan per menit dibandingkan tahun 2016.

Meskipun kita tampaknya menghabiskan hari-hari kita meringkuk di laptop atau smartphone di dalam rumah, sepertinya kita khawatir dengan cuaca. Situs Weather Channel menerbanjir ima 18 juta permintaan ramalan, meningkat 22 persen dari laporan sebelumnya.

Laporan tahun lalu menemukan bahwa lebih dari 3,5 juta pesan teks dikirim setiap menit. Sekarang, sekitar 15,2 juta teks, meningkat 334 persen.

Perhatian lainnya dari laporan visual meliputi: Uber mengambil 45.787 perjalanan setiap menit, Spotify menambahkan 13 lagu baru, kami menciak 456.000 kali, mengirim 46.740 foto Instagram, Google 3,6 juta pencarian, dan mempublikasikan 600 suntingan halaman baru di Wikipedia setiap menitnya. Internet juga menangani 103.447.520 email spam setiap menitnya.

Banyak sekali data yang dihasilkan setiap menitnya. Belum ada yang tahu apakah data di dunia ini akan berakhir overload atau seperti apa, namun yang jelas, dengan skala yang begitu sangat besar sebuah data itu dihasilkan. Ada kemungkinan dimana suatu saat data akan mengalami yang namanya overload.

Source :
https://globenewswire.com/news-release/2017/07/25/1058046/0/en/Domo-Releases-Annual-Data-Never-Sleeps-Infographic.html


Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

Menurut laporan, 90 persen dari semua data diciptakan dalam dua tahun terakhir, itu 2,5triliun byte data per hari. Edisi
tahun ini membagikan statistik terbaru tentang pertumbuhan data di ranah digital.

Secara keseluruhan, populasi Internet telah tumbuh sebesar 7,5 persen sejak 2016 dan sekarang mencakup lebih dari 3,7 miliar manusia. Dalam hal penggunaan data, itu sangat sulit. Rata-rata, AS sendiri mengeluarkan 2.657.700 gigabyte data internet setiap menitnya.

Laporan sebelumnya menemukan bahwa lebih dari 3,5 juta pesan teks dikirim setiap menit. Itu sangat kecil dibandingkan dengan 15,2 juta teks yang dikirim per menit hari ini, meningkat 334 persen. Jumlah gif yang dikirim juga meningkat, meningkat dari 569.200 menjadi 694.400, meningkat 22 persen.

Era digital membutuhkan penggunaan data internet. Amazon, YouTube dan Netflix adalah pengguna bandwidth internet terbesar. Dengan semakin banyaknya layanan streaming, penggunaan data internet terus meningkat. Rata-rata, data internet Amerika yang digunakan 2.657.700 GB setiap menitnya.

Sumber :

Berapa Banyak Data yang Diproduksi Setiap Hari?

Setiap hari ratusan juta orang mengambil foto, membuat video dan mengirim teks. Di seluruh dunia bisnis mengumpulkan data tentang preferensi konsumen, pembelian dan tren. Pemerintah secara teratur mengumpulkan semua jenis data dari data sensus ke laporan kejadian di departemen kepolisian. Banjir data ini berkembang pesat . Jumlah total data di dunia adalah 4,4 zettabyte pada tahun 2013. Itu ditetapkan meningkat tajam menjadi 44 zettabyte pada tahun 2020. Untuk menempatkannya dalam perspektif, satu zettabyte setara dengan 44 triliun gigabyte. Kenaikan tajam data ini akan didorong oleh pesatnya perkembangan produksi data harian. Tapi berapa data yang dihasilkan setiap hari ini?

Source: