Seberapa bahayanya hama seperti cencorang terhadap hewan lain?

Cancorang, belalang sembah, Kedehe, atau apa pun istilah yang Anda pakai untuk menamai mereka, adalah serangga yang paling menarik dan sekaligus paling menakutkan dalam 2.300 spesies belalang sembah di dunia.

Kata ‘mantis’ berasal dari bahasa Yunani, dan berarti nabi atau peramal. Mereka begitu sering terlihat seperti mereka tahu sesuatu yang tidak kita ketahui. Mantids dapat memutar kepalanya 180 derajat untuk memantau sekitar dengan dua mata majemuk yang besar dan tiga mata sederhana lainnya yang terletak diantaranya. Penglihatannya yang sangat baik memungkinkan melihat gerakan hingga jarak 60 kaki (18 meter).
Biasanya mereka berwarna hijau atau coklat, lihai berkamuflase pada tanaman dimana mereka tinggal. Belalang sembah bisa menyergap atau sabar menunggu buruan mereka. Mereka menggunakan kaki depan mereka untuk menjerat mangsanya dengan refleks begitu cepat.
Ngengat, jangkrik, belalang, lalat, dan serangga lainnya adalah buruannya. Namun, ternyata Belalang Sembah juga makan dari jenisnya sendiri alias kanibal.

Sifat belalang sembah ini adalah sabar menunggu karena memang kebanyakan waktu dihabiskan dengan duduk dan menunggu, yang tentunya menunggu mangsa yang lewat. karena sifatnya inilah belalang ini memiliki seni dalam menyamar mengikuti lingkungan tempat tinggalnya. Teknik berburu jika kita lihat dari sifatnya belalang sembah ini adalah bersembunyi dari pemangsa dan tidak terlihat oleh mangsa ketika mengintai, teknik ini sangat efektif karena kemungkinan gagal mendapatkan mangsa sangat kecil.

baru beberapa minggu, seekor belalang sembah keluar dan memulai petualangan untuk dirinya, juga mencari mangsa. Belalang pada fase nymph tanpa sayap yang baru lahir itu seringkali menjadi korban laba2 dan pemangsa lainnya. Mereka yang bertahan hidup dapat tumbuh menjadi dewasa, biasanya bersayap, dan panjangnyaberkisar antara 2.5 cm bagi seekor spesies di California atau hampir 18 cm bagi seekor raksasa Afrika.