Seberapa bahaya virus Corona yang menyebabkan penyakit Coronavirus pada hewan Musang?

image

Penyakit Coronavirus disebabkan oleh “virus Corona” yang menginfeksi saluran pencernaan serta menyebabkan ‘enteristis’ hebat. Dan hal ini sangat berbahaya karena virus ini terbilang baru dan masih belum banyak yang menemukan bagaimana penanganan penyakit ini.

Pakar kesehatan jurusan mikrobiologi Universitas Hongkong dan Pusat Pengendalian Wabah di Shenzen yang diketuai Yuen Kwok-Yung, menemukan sejenis virus Corona dalam tubuh empat ekor binatang sejenis musang. Berdasarkan penelitian, dalam tubuh empat binatang yang dikirim dari Provinsi Guangdong, Cina, itu terdapat struktur peta gen sangat mirip dengan jenis virus Corona penyebab SARS pada manusia. Untuk sementara semakin kuatlah dugaan bahwa virus Corona berasal dari musang.

Infeksi Corona biasanya hanya menyebabkan diare ringan, yang berbahaya jika virus ini menyerang bersamaan dengan virus ‘parvo’ hingga dapat menyebabkan kematian. gejala yang di timbulkan biasanya nafsu makan hilang, lesu dan diare yang disertai bau busuk pada feses. Pencegahan hanya dapat dilakukan dengan memberi vaksinasi primary yang bertujuan guna meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.