Sebenarnya apakah yang disebut dengan "operasi plastik"?


(Diana Raden Ayu ) #1

Banyak orang melakukan operasi plastik, baik untuk memperbaiki penampilan maupun merekonstruksi bagian wajah yang rusak (misalnya karena kecelakaan, dll.)

Contoh yang cukup populer di Asia adalah operasi memancungkan hidung dan memperbaiki bentuk rahang.

Bagaimana cara dokter ahli bedah plastik “memperbaiki” struktur tubuh/wajah seseorang? Apa material yang digunakan untuk menambah struktur di wajah seseorang? Apakah yang disebut dengan bedah plastik hanya terbatas pada wajah saja?


(Muthia) #2

Meski masih termasuk dalam bedah plastik, bedah plastik yang dilakukan untuk merubah struktur tubuh menjadi seperti yang diinginkan pasien lebih tepat disebut cosmetic surgery, hanya untuk sedikit membedakan dengan istilah bedah plastik yang kebanyakan digunakan untuk menyebut bedah untuk memperbaiki struktur tubuh yang hilang atau tidak normal (contoh bibir sumbing, luka bakar, dll.).

Meski disebut “plastic”, benda yang digunakan untuk merubah struktur tubuh si pasien bukan berasal dari plastik—hal ini karena kata “plastic” berasal dari bahasa Yunani “plastos” yang berarti “membentuk”. Biasanya digunakan material (graft) yang berasal dari tubuh pasien sendiri. Contoh untuk rhinoplasty (operasi hidung), dokter bedah kemungkinan akan mengambil potongan tulang dari tempurung kepala, panggul atau siku dan merubah strutur tulang lunak yang berada di hidung, ataupun mengambil tulang lunak dari tempat lain, seperti telinga, untuk memperbesar hidung.

Contoh lainnya adalah pada luka bakar yang parah, seringkali diberikan skin graft dari paha, bokong, atau lengan bagian atas.

Bedah plastic maupun bedah kosmetik tidak terbatas pada wajah saja. Secara teknis, sedot lemak (liposuction) juga termasuk bedah plastic kosmetik.

Sumber:


http://www.nhs.uk/Conditions/cosmetic-treatments-guide/Pages/nose-job.aspx