Sebenarnya apa itu Jatuh Cinta?

young-funny-looking-geek-couple-having-fun-isolated_329181-16220
Jatuh cinta adalah proses alami yang begitu indah namun cukup rumit. Jika diperhatikan, orang yang sedang jatuh cinta bisa bertingkah aneh dan konyol bahkan terkadang melakukan hal-hal yang di luar akal sehat. Dengan melihat respon hormonal yang terjadi dalam tubuh, penelitian di situs eHarmony terhadap lebih dari 1.300 pria dan wanita menunjukkan bahwa seseorang bisa jatuh cinta. Pernahkah kamu jatuh cinta?

Referensi
image: freepik.com

Dengan melihat respon hormonal yang terjadi di dalam tubuh, penelitian yang dilakukan oleh website eHarmony terhadap lebih dari 1.300 pria dan wanita menunjukkan bahwa ketika jatuh cinta, tubuh manusia melewati 5 fase berikut.

  1. Butterflies
    Pada fase ini kamu sulit berkonsentrasi karena kamu selalu membayangkan wajah idolamu. Penelitian juga menyebutkan bahwa Anda akan mengalami peningkatan libido pada tahap ini.
  2. Building
    Para ahli bahkan mengatakan bahwa Anda merasa di bawah pengaruh obat-obatan terlarang selama tahap konstruksi. Perasaan bahagia ini diikuti dengan perasaan gelisah, sehingga sulit untuk tertidur.
  3. Assimilation
    Pada tahap ini Anda mulai berpikir logis tentang hubungan yang Anda jalani dan bertanya-tanya apakah dia sudah menjadi orang yang tepat dan hubungan ini serius atau hanya palsu. Apakah Anda tampaknya menyadari ke mana hubungan ini akan membawa Anda?
  4. Honesty
    Menurut Dr. Linda Papadopoulos, psikolog yang juga berpartisipasi dalam penelitian ini, mengatakan bahwa tahap kejujuran sama dengan tahap perasaan paling sensitif seseorang. Pada tahap ini, seseorang perlu membuat perubahan untuk memastikan kesinambungan hubungan, dan tingkat stres akan meningkat karena perselisihan antara pasangan menjadi lebih umum.
  5. Stability
    Setelah melewati perasaan bingung pada dua fase sebelumnya, biasanya orang yang sedang jatuh cinta akan merasa nyaman pada fase ini, karena hormon vasopresin, yang juga dilepaskan selama orgasme, lebih aktif pada fase ini. Pasangan juga akan memiliki ikatan emosional bahkan jika mereka tidak menghabiskan banyak waktu bersama.

Referensi
Popbela. (2020). 5 Tahapan Jatuh Cinta yang Harus Kamu Pahami.
image: freepik

Menurut saya, jatuh cinta adalah ketika lawan jenis mau menerima orang asing untuk masuk kedalam hidupnya. Baik itu menjadi motivasi, saling membantu setiap kesulitan maupun mampu bekerjasama dalam membuat suatu perencanaan untuk masa depan. Jatuh cinta adalah sebuah konsep untuk saling mengenal sifat maupun karakter lawan jenis, belajar mengelola emosi dan bertindak dengan menggunakan logika.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog dalam artikel klikdokter, jatuh cinta adalah perasaan yang lebih dalam dibanding jatuh hati. di mana, orang yang jatuh cinta tak sekadar tertarik dengan fisik dan penampilan saja, melainkan sudah ada keterlibatan emosional. Orang yang jatuh cinta sudah membangun dan melibatkan koneksi antar-individu.

Sumber

Beda Jatuh Cinta dan Jatuh Hati, Ini Kata Psikolog!

Menurut saya pribadi, jatuh cinta merupakan ketika kita sangat sayang akan orang yang ingin sekali kita miliki dan selalu ingin dekat/bersama dengannya untuk menuju masa depan yang indah.